Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Burung Cantik Yang Warna Bulu Mempesona juga Indah

Burung Cantik - Burung merupakan makhluk yang menakjubkan dengan berbagai keindahan yang di miliki. Salah satu faktor yang membuat burung begitu memukau adalah warna bulu mereka.

10 Burung Cantik Dengan Warna Bulu Memesona dan Indah

Burung cantik dikenal dengan keindahan warna bulunya yang menarik perhatian. Warna burung menjadi salah satu faktor penting dalam memikat pasangan, melindungi diri, dan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.

Warna-warna yang mencolok dan memesona pada bulu burung sering kali menarik perhatian kita dan meninggalkan kesan yang tak terlupakan. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 burung cantik dengan warna bulu yang mempesona. Mari kita mulai!

1. Burung Cantik Rajawali Ekor Persegi

burung rajawali ekor persegi

Rajawali Ekor Persegi adalah burung pengicau bernama latin "Elanus caeruleus". Burung rajawali ini memiliki bulu putih bersih di bagian tubuhnya, namun yang membuatnya sangat menarik adalah warna ekornya yang berbentuk persegi dan berwarna hitam. Kombinasi warna putih dan hitam ini memberikan kontras yang memukau pada burung rajawali ini.

Burung Rajawali Ekor Persegi, juga dikenal sebagai Aquila audax1, adalah burung pemangsa dari famili Accipitridae. Spesies ini biasanya ditemukan menghuni wilayah Papua. Rajawali Ekor Persegi merupakan salah satu dari 12 jenis elang terbesar, dengan rentang sayap mencapai 2,84 meter dan panjang tubuh mencapai 1,06 meter.

Beberapa fakta menarik tentang burung Rajawali Ekor Persegi antara lain:
  • Penglihatan Tajam: Burung Rajawali Ekor Persegi memiliki penglihatan yang sangat tajam. Fotoreseptor di retina rajawali lebih dari 1.000.000 per mm persegi, sedangkan manusia hanya memiliki sekitar 200.000.
  • Tinggal di Ketinggian: Burung Rajawali Ekor Persegi diciptakan untuk dapat terbang ke tempat yang tinggi dan tidak dapat dijangkau oleh mata telanjang.

2. Burung Cantik Merak

merak

Tidak mungkin melewatkan burung yang sudah terkenal dengan kecantikan bulunya, yaitu merak. Merak di kenal dengan ekor panjang berwarna biru dan bulu berwarna-warni yang mempesona. Warna-warna mencolok seperti biru, hijau, dan ungu pada bulu merak membuatnya menjadi salah satu burung paling indah di dunia.

Burung merak merupakan jenis burung yang memiliki keindahan yang mencolok. Terdapat tiga spesies burung merak yang dikenal, yaitu merak biru (Pavo cristatus), merak hijau (Pavo muticus), dan merak Kongo.

Selain itu, burung merak sering kali menarik perhatian manusia karena bulu-bulunya yang indah dan ekor yang menawan. Merak biru terkenal dengan bulu ekornya yang panjang dan indah berwarna biru gelap yang mengilap. Burung jantan dewasa merak biru dapat mencapai panjang sekitar 230 cm.

Sementara itu, merak hijau memiliki bulu berwarna hijau keemasan dan ukuran yang sangat besar. Burung jantan dewasa merak hijau bahkan bisa mencapai panjang sekitar 300 cm.

Burung merak diketahui memiliki keunikan tersendiri dalam cara berkembang biaknya. Burung jantan menggunakan ekornya yang panjang dan indah untuk menarik perhatian burung betina saat musim kawin. Mereka sering melakukan tarian khas dengan mengembangkan ekor mereka untuk memikat pasangan.

3. Burung Cantik Kolibri Raja

Kolibri Raja

Kolibri Raja, atau juga dikenal dengan nama "Heliangelus regalis", adalah burung kolibri yang memiliki bulu berwarna-warni yang memukau. Bulu hijau kebiruan mereka yang cerah terlihat sangat menakjubkan terutama ketika terkena sinar matahari. Warna kemerahan di sekitar tenggorokan mereka juga menambah daya tarik visual burung ini.

Burung ini bisa di temukan dengan mudah di pegunungan Amerika Selatan, terutama di wilayah Andes. Burung Kolibri Raja memiliki paruh panjang yang digunakan untuk mencari nektar dari bunga-bunga yang ada di sekitarnya.

Burung kolibri raja biasa memakan serangga kecil sebagai sumber makanan tambahan dan seringkali di kenal sebagai salah satu jenis burung kolibri yang memiliki suara kicau burung paling merdu dengan bulu yang indah.

4. Kucica Benggala

Pitta brachyura

Kucica Benggala, atau dalam bahasa Latin bernama "Pitta brachyura", adalah burung yang berasal dari Asia Tenggara. Burung ini memiliki bulu cerah yang mencolok, dengan kombinasi warna merah, hijau, biru, dan kuning yang membentuk pola yang indah. Kucica Benggala adalah contoh nyata aneka warna yang terdapat pada burung.

5. Tanggung Ekor Protseruling

Paradisaea apoda

Tanggung Ekor Protseruling atau "Paradisaea apoda" adalah burung surga yang berasal dari Papua, Indonesia. Burung ini memiliki bulu bernuansa kehijauan yang indah, dengan cakar biru, dan ekor panjang yang sangat khas. Tanggung Ekor Protseruling sering dianggap sebagai salah satu burung yang memiliki bulu paling indah di dunia.

6. Burung Api Jambul Merah

Burung Api Jambul Merah

Nama latinnya "Pyrrhula pyrrhula", burung api-api jambul merah adalah burung pengicau yang biasa ditemukan di Eropa dan Asia. Burung ini memiliki warna merah mencolok pada kepala dan dada, dan bulu abu-abu pada bagian tubuh lainnya. Kontras warna yang dimiliki oleh burung api-api jambul merah membuatnya tampak sangat menakjubkan.

7. Burung Cantik Cendrawasih Parotia

Cendrawasih Parotia

Salah satu burung tercantik di Papua adalah Cendrawasih Parotia atau "Parotia lawesii". Burung betina memiliki bulu cokelat dengan bintik-bintik putih, sedangkan burung jantan memiliki bulu hitam berkilau yang membentuk hiasan seperti bandana kuning dan bulu perut berwarna hijau kebiruan. Keunikannya membuat cendrawasih parotia menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengamat burung.

8. Lorikeet Berkepala Biru

Lorikeet Berkepala Biru

Lorikeet berkepala biru atau "Trichoglossus haematodus" adalah burung nectarivore (penghisap nektar) yang berasal dari Australia, Indonesia, dan Asia Tenggara. Burung ini memiliki bulu yang sebagian besar merupakan kombinasi warna-warni yang cerah, dengan kepala berwarna biru dan bulu lainnya dengan corak merah, kuning, hijau, dan oranye.

9. Burung Layang-layang Ekor Panjang

Burung Layang-layang Ekor Panjang

Nama latinnya "Hirundapus caudacutus", burung layang-layang ekor panjang adalah jenis burung layang-layang yang mempunyai ekor panjang berbentuk seperti jarum. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam kecoklatan yang memikat, dengan perut berwarna putih. Ekornya yang panjang memberikan sentuhan elegan pada penampilannya.

10. Burung Cantik Cendrawasih Raja

burung Cendrawasih Raja

Tidak bisa dikatakan bahwa artikel ini lengkap tanpa menyebutkan burung cendrawasih. Cendrawasih Raja atau "Cicinnurus regius" adalah jenis burung cendrawasih yang memiliki bulu yang sangat menakjubkan pada burung jantan. Bulu kuning keemasan yang melambai-lambai dan bulu merah muda yang mencolok membuat cendrawasih raja menjadi simbol keindahan.

Kesimpulan

Burung-burung yang disebutkan di atas hanya beberapa contoh dari banyaknya burung yang memiliki keelokan warna bulu yang memukau. Keindahan warna pada bulu burung merupakan bukti betapa indahnya keanekaragaman alam yang ada di sekitar kita.

Semoga artikel ini bisa memberikan sedikit wawasan tentang berbagai burung cantik dengan warna bulu yang mempesona, dan menginspirasi Anda untuk lebih mengapresiasi keelokan alam yang berada di sekitar kita.