Warna Bunga Tahi Ayam Mulai Dari Kuning, Pink, Putih, Hingga Ungu.

Bunga tahi ayam, yang juga dikenal sebagai Amorphophallus paeoniifolius, tidak memiliki kelopak bunga yang biasanya memiliki warna yang menonjol.

warna bunga tahi ayam

Namun, ketika bunga tahi ayam mekar, ia menghasilkan struktur yang disebut spadix yang lebih mirip dengan tongkat panjang yang dikelilingi oleh daun penutup yang disebut spathe.

Biasanya, spadix bunga tahi ayam memiliki warna putih krem atau kuning pucat. Beberapa varietas dapat memiliki nuansa merah atau ungu pada spadix. Spathe, yang melingkari spadix, juga biasanya berwarna hijau, dengan variasi warna dari terang hingga gelap.

Selain itu, warna bunga tahi ayam dapat bervariasi tergantung pada varietas dan kondisi pertumbuhan dan perawatan yang diterapkan oleh para petani itu sendiri.

Varian Warna Bunga Tahi Ayam

varian warna bunga tahi ayam yang umum adalah putih krem atau kuning pucat. Namun, varian-varian dengan warna yang tidak biasa juga bisa jadi ada, meskipun jarang ditemui.

Varietas bunga tahi ayam dapat memiliki beberapa spadix atau warna dengan nuansa nuansa merah muda, ungu, atau merah.

Selain itu, bisa pula memiliki spathe dengan warna yang lebih gelap, seperti hijau keunguan atau coklat keunguan.

Namun yang kita bahas disini ialah varian warna bunga tahi ayam kuning, pink, putih, hingga varietas warna ungu yang mana warna ungu merupakan simbol warna para janda.

1. Bunga Tahi Ayam Warna Kuning Cerah

Bunga Tahi Ayam Warna Kuning Cerah

Bunga tahi ayam atau yang biasa di sebut dengan istilah bahasa latin, yakni Amorphophallus paeoniifolius terdapat varian warna kuning, tetapi kuningnya tergolong kuning cerah.

Diantara sobat sekalian, bisa jadi ada yang pernah melihat bunga berwarna kuning cerah tapi tidak tahu nama dari bunganya.

Kendati warna bunga kuning cerah ini terlihat cantik, namun tidak sedikit orang yang menjauhinya dan tidak berada dekat didekatnya. Pasalnya bunga kuning cerah yang satu ini, mempunyai bau yang tidak sedap.

Jadi, masih lebih baik baunya mie sedap goreng ataupun rasa soto ketimbang mencium bau bunga tahi ayam dengan warna kuning cerah yang satu ini.

2. Bunga Tahi Ayam Warna Pink

bunga tahi ayam warna pink

Bunga tahi ayam warna pink ini biasa di sapa di Indonesia dengan sebutan bunga tembelek atau tembelekan oleh karena baunya yang memunculkan aroma tidak sedap ketika di remas.

Apalagi jika cara meremasnya sekuat meremas 2 bukit gunung yang menggumpal atau menempel pada badan seorang perempuan. Wuah, pastinya bunga tahi ayam akan layu seketika.

Di negara Malasya bunga ini, dikenal juga sebagai big sage. Sedangkan untuk negara Karibia dan Afrika Selatan menyebutkan sebagai bunga wild sage.Jadi, bau dari bunga tahi ayam warna pink ini hampir sama persis dengan aroma bau dari bunga tahi ayam kuning cerah pada poin pertama diatas.

3. Bunga Tahi Ayam Putih

bunga tahi ayam warna putih

Selanjutnya, ada pula varian warna bunga tahi ayam warna putih di Indonesia. Bunga yang satu ini di Indonesia sebutannya sama seperti bunga tahi ayam kuning dan pink, yakni bunga tembelekan.

Bunga tembelekan ini pun mempunyai bau dengan aroma yang tidak sedap, makanya disebut sebagai bunga-bunga tahi ayam yang mana namanya tahi identik dengan kotoran ayam yang mempunyai aroma kurang sedap.

4. Bunga Tahi Ayam Warna Ungu

Bunga Tahi Ayam Warna Ungu

Bunga tembelekan atau bunga tahi ayam warna ungu juga tersedia di pasaran Indonesia yang bisa di beli secara online, baik di tokopedia shopee hingga lazada.

Jika sahabat petani hendak beli secara online di shope di lapak tertentui, nanti akan ada sejumlah keterangan dan deskripsi tentang bunga tahi ayam warna ungunya, termasuk bagaimana cara penanganan tanaman ketika baru sobat terima di rumah.

Bentuk langkah-langkah penanganan beli bunga tahi ayam secara online saat bunga tahi ayam ungu sudah di terima di tempat, diantaranya adalah:
  • Membuka bungkus tanaman bunga tahi ayam ungu dari akarnya
  • Menyemprotkan vitamin B1 pada akar bunga tahi ayam serta media pembungkusnya
  • Tanam dengan mempergunakan media yang tepat dan sesuai dengan tanaman yang di beli
  • Menyimpannya ditempat yang adem dan teduh tapi ada sinar matahari selama 3 hingga sampai 5 hari
  • Jangan di berikan pupuk kimia dan pestisida dalam kurun waktu 1 bulan lamanya
Demikian informasi tentang warna bunga tahi ayam mulai dari varian kuning, pink, putih, hingga varian bunga tembelekan berwarna ungu yang dapat larantuka gypsum sampaikan.

Apakah artikel ini membantu? Sekian dan terimakasih telah meluangkan waktu sekaligus menyimak artikel tentang bunga tahi ayam ini. Semoga bermanfaat.