Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Kebutuhan Material Plafon PVC Dengan Tepat

Bagaimana cara menghitung kebutuhan plafon dari bahan material papan pvc rangka besi hollow, dapat di ketahui panduan langkah - langkahnya secara mudah dan tepat di halaman situs larantuka gypsum ini.
menghitung kebutuhan material plafon pvc
Gambar Pemasangan Material Plafon PVC
Oleh Karena ini menyangkut dengan anggaran biaya yang akan di persiapkan sebelum pemasangan plafon pvc di lakukan, maka cara menghitung kebutuhan material plafon-nya mesti di ketahui terlebih dahulu. Jika tidak, bisa jadi rencana anggaran biaya yang akan di keluarkan akan over kapasitas.

Sehingga, proses pembuatan plafon pvc bisa terhenti di tengah jalan, oleh karena kekurangan dana untuk membeli kembali kebutuhan material plafon pvc yang kurang.

Atau sebaliknya jika tidak menghitung terlebih dahulu kebutuhan materialnya, bisa jadi proses pemasangan plafon pvc setelah selesai di kerjakan, malah menyisakan banyak bahan materialnya.

Andai kata, masalah terjadi hanya pada kekurangan bahan material dan anggaran-nya masih tersedia, mungkin proses pekerjaan pemasangan tidak akan terhambat.

Tapi, bagaimana bila menyisakan banyak bahan material plafon pvc dalam jumlah banyak? Apakah, mau return kembali material sisa di toko material bangunan terdekat ataukah mau menyimpannya di gudang, tentu sungguh sangat disayangkan, bukan?

Lalu, bagaimana cara menghitung kebutuhan material plafon pvc secara mudah dan tepat yang bisa dilakukan? Yuk, kita simak saja langkah - langkahnya cara perhitungan-nya, berikut ini.

Cara Menghitung Kebutuhan Material Plafon PVC

Dengan mengetahui cara menghitung kebutuhan bahan meterial untuk pembuatan plafon pvc ini, diharapakan dapat membantu sobat dalam mempersiapkan anggaran biaya yang, sehingga tidak over budget.

Tetapi, sebelum melakukan perhitungan kebutuhan bahan material plafon pvc, kita mesti mencari tahu terlebih dahulu berapa volume atau ukuran luas ruangan-nya dengan sebuah rumus.

Adapun rumus bagaimana cara menghitung luas ruangannya, adalah lebar ruangan (X) panjang ruangan (=) jumlah volume (luas ruangan).

Sebagai contoh dalam mencari tahu nilai volume atau luas ruangan yang akan di pasangi plafon pvc, adalah sebagai berikut:

a. Misalnya, ukuran yang sudah di ketahui
  • lebar: 4 meter
  • panjang: 6 meter
b. Cara menghitung volume luas ruangan, yakni tinggal dikalikan saja:
  • 4 meter x 6 meter = 24 m2 (meter persegi).
c. Hasilnya, adalah:
  • 24 m2 (meter persegi)
Dan nilai 24 m2 inilah, total nilai luas ruangan yang akan di pasangi plafon pvc! Jadi, ketika volume luas ruang yang di pasangi plafon sudah di ketahui, maka cara menghitung kebutuhan bahan material plafon pvc akan lebih terasa mudah di hitungnya.

1. Cara Menghitung Kebutuhan Material Rangka Plafon PVC.

Dalam pemasangan plafon, mau itu materialnya plafonnya terbuat dari bahan pvc, bahan plafon gypsum, grc (kalsiboard), triplek, dan lain sebagainya. Maka, harus membuat rangka plafonnya terlebih dahulu, betul?

Dan, dalam hal ini kita sedang membahas plafon pvc! Sehingga, pada poin kedua ini kita akan hitung kebutuhan rangka plafon pvc, dimana bahan rangkanya menggunakan material hollo atau besi hollow.

Namun, sebelum menghitungnya kita ketahui dulu spesifikasi ukuran besi hollo perbatang, yang mana terdapat ukuran 2x4 cm dan 4x4 cm dengan panjang rata-rata keduanya, yakni 4 meter.

Sebagai catatan:

Pada spesifikasi batang hollo tersebut, fokus saja pada ukuran panjang 4 meter saat menghitung kebutuhan rangka plafon pvc.

Nanti dari total keseluruhan kebutuhan material rangka yang sudah didapat, di dalamnya sudah tercampur dengan ukuran hollo 2 cm x 4 cm dan ukuran hollow 4 cm x 4 cm yang artinya, kedua ukuran hollo (2x4 & 4x4) tergantung dari kebutuhan tukang ingin menggunakan ukuran hollo yang mana, dalam tanda kutip "hollo ukuran 2x4 kah atau ukuran hollo yang 4x4".

Sesudah memahami spesifikasi ukuran hollo, sobat boleh perhatikan bentuk gambar rangka standar plafon pvc pada umumnya yang sudah di rangkai atau di pasang, seperti dibawah ini:

menghitung kebutuhan material rangka plafon pvc

Sedangkan untuk jarak antar ukuran rangka plafon dari batang hollo satu ke yang lainnya, kurang lebih seperti yang terlihat pada gambar, berikut ini:

menghitung kebutuhan material rangka plafon pvc langkah kedua

Pada gambar rangka hollo tersebut, bisa sobat lihat bentangan batang hollo yang saling bertumpangan dan mengarah ke setiap dinding (tembok) dengan jarak antar batang hollonya, ada yang 60 cm dan 120 cm yang mana ukuran ini, adalah ukuran standar untuk pembuatan rangka plafon pvc.

Jadi, dalam menghitung kebutuhan material rangka plafon pvc kembalilah berpatokan pada ukuran ruangan yang akan di pasangi plafon pvc, seperti yang sudah di contohkan pada poin pertama.

Mulailah menghitung kebutuhan batang hollo pada sekeliling tembok terlebih dahulu, dengan mengikuti ukuran lebar dan panjang ruangan yang akan di pasangi plafon pvc.

Setelah itu, baru menghitung kebutuhan hollo pada rangkaian rangka bagian tengah yang berbentuk kotak-kotak dengan ukuran setiap kotaknya, yakni 60 cm x 120 cm. Jika ingin rangka plafon pvcnya kuat dan kokoh, maka bisa di persempit ukurannya menjadi ukuran 40 cm x 60 cm.

Ukuran kotak-kotak tersebut juga mesti mengikuti ukuran lebar dan panjang ruangan yang akan di pasangi plafon pvc yang mana pada pada akhirnya, akan diketahui juga kebutuhan material batangan besi hollo secara keseluruhan.

2. Cara Menghitung Kebutuhan Material Papan PVC

menghitung kebutuhan material papan pvc

PVC Board artinya, adalah papan pvc berupa lembaran yang fungsinya untuk menutuo rangka plafon pvc.

Untuk menghitung kebutuhan papan pvc juga harus berpatokan pada ukuran ruangan yang akan di pasang plafon pvc.

Sebagai contoh, kita ambil angka ukuran ruangan yang sudah di jelaskan pada poin kesatu, yakni 4 meter x 6 meter = 24 m2.

Adapun spesifikasi ukuran papan pvc (pvc board), kami ambil contoh papan pvc yang berukuran lebar bersih 20 cm dengan panjang papan pvc 4 meter.

a. Diketahui:
  • Ukuran papan pvc per m2 (meter persegi) : 20 cm (0,2 m) x 4 meter = 0,8 m2
  • Ukuran luas ruang pemasangan plafon pvc : 24 m2
b. Cara hitung:
  • Kebutuhan papan pvc : 24 m2 x 0,8 m2 = 19,2 lembar di bulatkan menjadi 20 lembar.
c. Kesimpulan:
  • Maka, total kebutuhan papan (board) pvc untuk pemasangan plafon pvc dengan luas ruangan 24 m2, adalah sebanyak 20 lembar.

3. Cara Menghitung Kebutuhan Material List Plafon PVC.

Maka, total kebutuhan papan (board) pvc untuk pemasangan plafon pvc dengan luas ruangan 24 m2, adalah sebanyak 20 lembar.

Menghitung kebutuhan list plafon pvc untuk bingkai plafon pvc, sangatlah mudah dan gampang. Jika, bentuk plafon pvcnya model standar atau rata.

Maka, total kebutuhan papan (board) pvc untuk pemasangan plafon pvc dengan luas ruangan 24 m2, adalah sebanyak 20 lembar.

Maka, cara menghitung kebutuhan list pvc tinggal mengikuti ukuran lebar dan panjang ruangan yang dipasang plafon pvc.

Maka, total kebutuhan papan (board) pvc untuk pemasangan plafon pvc dengan luas ruangan 24 m2, adalah sebanyak 20 lembar.

Adapun spesifikasi ukuran list pvc rata-rata memiliki panjang mulai dari 3 meter, 4 meter, hingga 6 meter.

Maka, total kebutuhan papan (board) pvc untuk pemasangan plafon pvc dengan luas ruangan 24 m2, adalah sebanyak 20 lembar.

Jika mengambil ukuran list pvc katakan saja list yang 4 meter, maka kebutuhan lis untuk bingkai plafon pvc dengan ukuran lebar ruangan 4 meter x 2 = 8 meter dan panjang ruangan 6 meter x 2 = 12, adalah:

a. Diketahui:
  • lebar ruangan: 4 meter x 2 = 8 meter
  • panjang ruangan: 6 meter x 2 = 12 meter
  • panjang list pvc: 4 meter per batang
b. Cara hitung:
  • 8 meter + 12 meter = 20 meter : 4 meter = 5 batang
c. Kesimpulan:
  • Maka kebutuhan list pvc untuk pemasangan plafon pvc, sebanyak 5 batang.

4. Menghitung Kebutuhan Bahan Material Lainnya.

Maka, total kebutuhan papan (board) pvc untuk pemasangan plafon pvc dengan luas ruangan 24 m2, adalah sebanyak 20 lembar.

Kebutuhan bahan material pemasangan plafon pvc lainnya seperti skrup, sediakan saja skrup 1 dos untuk kebutuhan plafon pvc berukuran 24 m2. Lalu, bahan material lem pvc. Beli saja 1 buah dulu lem pvc, biar tidak terbuang kalo beli banyak-banyak dan lain sebagainya.

Kami rasa, hanya itu saja ya kebutuhan pokok (utama) material pemasangan plafon pvc yang perlu di rinci hitungan kebutuhan bahan materialnya.

Seumpama menurut sobat ada yang masih perlu di hitung, apa coba hayo? Yuk, berikan pendapatnya di kolom komentar yang sudah di sediakan di bagian akhir halaman ini.

Sekian dan terimakasih buat sobat larantuka gypsum yang sudah berkunjung sekaligus menyimak artikel ini, semoga bermanfaat.