Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Sewa Apartemen Dibandingkan Membeli Rumah

Saat memutuskan untuk sewa apartemen, Sobat akan terbebas dari kewajiban merawat gedung, pajak, asuransi, dan masih banyak keuntungan lainnya di sini.

Keuntungan Sewa Apartemen

Sobat yang saat ini sudah berusia matang dan memiliki pekerjaan tetap mungkin mulai berpikir untuk hidup mandiri dan tinggal terpisah dari orang tua.

Bicara mengenai tempat tinggal, nantinya Sobat akan di hadapkan pada berbagai pilihan, yakni menyewa apartemen atau membeli rumah dengan sistem kredit.

Setelah nanti sobat menyimak tentang kelebihan sewa apartemen, sobat bisa mempertimbangkan untuk menyimak juga ulasan tentang kekurangan sewa apartemen pada artikel selanjutnya di situs larantukagypsum.com ini!

7 Keuntungan Sewa Apartemen

Untuk menambah referensi, berikut adalah beberapa keuntungan yang akan di dapatkan saat Sobat memutuskan untuk sewa apartemen di bandingkan dengan membeli rumah.

1. Terbebas dari tanggung jawab perawatan gedung.

Salah satu keuntungan yang paling besar saat Sobat menyewa apartemen adalah terbebas dari tanggung jawab segala jenis perawatan gedung.

Sobat tidak perlu melakukan pekerjaan yang biasa di kerjakan para pemilik rumah, seperti memotong rumput, memperbaiki atap, atau mengganti properti. Selain menyita waktu, biaya perawatan gedung juga cukup mahal.

Saat memutuskan untuk sewa apartemen, Sobat akan memiliki banyak waktu luang di akhir pekan.

Jika menemui kerusakan pada bangunan, misalnya kebocoran keran, cat tembok yang mengelupas atau atap yang bocor, Sobat cukup menelepon pihak manajemen untuk memperbaikinya.

2. Tidak perlu khawatir terhadap fluktuasi nilai bangunan.

Jika selama ini Sobat berpikir bahwa nilai tanah dan bangunan selalu naik dari waktu ke waktu, hal ini sepertinya sudah tidak berlaku.

Nyatanya, harga real estate cenderung fluktuatif dan sangat sulit di prediksi. Misalnya, pada saat awal pandemik dan terjadi penurunan ekonomi secara global. Hal ini turut menyebabkan penurunan nilai tanah dan bangunan.

Bagi seseorang yang berinvestasi pada properti, mereka kehilangan banyak nilai karena harga jual yang menurun drastis. Kabar baiknya, Sobat yang tinggal di apartemen tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut.

3. Tidak dibebani dengan pajak bangunan dan asuransi properti.

Manfaat finansial dari sewa apartemen adalah Sobat tidak perlu membayar pajak real estate dan asuransi kepemilikan rumah! Namun, Sobat dapat mengambil polis asuransi penyewa jika ingin melindungi harta bawaan saat menempati bangunan sewaan.

Polis tersebut akan melindungi barang berharga Sobat jika mengalami hal yang tidak di inginkan seperti di curi.

Sobat juga akan mendapatkan pertanggungan berupa hunian sementara saat properti sewaan rusak dan perlu di perbaiki. Asuransi penyewa lebih murah di bandingkan dengan asuransi properti.

4. Dengan sewa apartemen, Sobat memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dalam memilih tempat tinggal.

Saat hendak membeli rumah, seseorang memiliki keterbatasan dalam memilih area di mana mereka mampu menjangkau secara finansial.

Pasalnya, bangunan di kota besar memiliki harga yang sangat tinggi. Kemungkinannya, seseorang akan memilih lokasi yang berada di pinggiran kota dengan alasan harga yang lebih terjangkau.

Sayangnya, kebanyakan perkantoran berada di pusat kota. Memiliki rumah yang jaraknya jauh akan menyulitkan mobilitas Sobat pada saat bekerja dan Sobat akan lebih di untungkan saat menyewa apartemen yang berlokasi dekat dengan tempat kerja.

5. Memiliki akses ke berbagai fasilitas tanpa harus memikirkan perawatannya.

Terdapat banyak apartemen yang menyediakan berbagai fasilitas, seperti tempat gym, pusat perbelanjaan, dan kolam renang.

Hanya dengan berjalan kaki, Sobat sudah bisa menjangkau kolam renang dan berenang dengan leluasa.

Berbeda jika Sobat membeli rumah dengan kolam renang, Sobat akan di repotkan dengan kewajiban membersihkannya.

6. Sobat tidak perlu membayar uang muka.

Kebanyakan orang tidak memiliki cukup uang untuk membeli properti secara tunai dan akan membelinya dengan sistem kredit yang akan membutuhkan uang muka.

Persentase uang muka biasanya mencapai 20% dari harga pembelian. Ini bukan jumlah yang sedikit, apalagi mengingat harga rumah sangat mahal.

Jika Sobat memilih tinggal di apartemen, Sobat bisa membayar uang sewa secara bulanan dan tidak membutuhkan uang muka yang besar.

7. Biaya utilitas apartemen lebih rendah daripada rumah

Kebanyakan apartemen memiliki layout ruangan yang lebih efisien, terbuka, dan memiliki ruangan yang lebih sedikit daripada rumah tinggal dan ukurannya juga cenderung lebih kecil.

Hal ini akan menghemat pencahayaan di malam hari, yang mana tagihan listrik Sobat akan lebih kecil. Sobat juga tidak akan mengeluarkan biaya tak terduga yang biasanya di miliki oleh pemilik rumah karena kerusakan bangunan.

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Sobat sudah menentukan pilihan, antara sewa apartemen atau membeli rumah? Semua tergantung kebutuhan masing-masing. Ingat, Sobat adalah orang yang paling mengerti mengenai apa di butuhkan.