Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian dan Kegunaan Sumur Resapan, Sebagai Upaya Mengatasi Banjir!

Mengulas pengertian dan kegunaan sumur resapan mungkin bukan sesuatu hal yang penting, namun perlu untuk diketahui, terutama bagi orang yang bermukim diarea rawan banjir!
Pengertian dan Kegunaan Sumur Resapan
Sumur resapan ini merupakan kebalikan dari sumur air minum, dimana pengertian sumur resapan merupakan sebuah lubang atau sumur yang terdapat dipermukaan tanah, yang dengan sengaja dibuat agar bisa menampung air hujan supaya dapat meresap didalam tanah.

Yup ! Sumur resapan adalah sebuah lubang berbentuk bulat atau persegi dengan kedalaman tertentu, yang fungsinya yaitu untuk memasukan air hujan atau air yang mengalir dari dataran tinggi meluncur kedataran rendah dan rata, menyerap kedalam tanah!

Sedangkan untuk sumur air minum memiliki fungsi yakni untuk menaikan air yang didalam tanah kepermukaan tanah.

Sehingga konstruksi antara kedalaman sumur resapan dan sumur air minum, agak sedikit berbeda ! Dimana lubang sumur resapan misalnya dibuat dengan kedalaman 2 meter, maka untuk kedalaman lubang sumur air minum harus dibuat 3, 4, atau 5 meter.

Pengertian Sumur Resapan

Apa itu sumur resapan, pengertiannya sudah diterangkan pada pada paragraf kedua diatas yaitu sebagai sumur gali yang memiliki bentuk lingkaran atau bisa juga dengan berbentuk persegi, dimana fungsinya yaitu untuk menampung air hujan agar bisa menyerapa kedalam tanah.

Menyinggung soal bentuk dari sumur resapan, sebetulnya tidaklah harus berbentuk bulat atau pun persegi. Sobat bisa membuat sumur resapan sendiri, dengan bentuk lainnya!

Ini artinya sobat bisa memodifikaksi atau berkreatif sendiri dalam mendesain bentuk sumur resapan, dengan bentuk lain dari pada yang lain! Seumpamanya sumur resapan dengan bentuk oval, bentuk pesegi panjang, bentuk jajaran genjang, bahkan hingga ingin dibentuk sumur serapan segitiga pun bisa.

Oleh karena sumur resapan dengan bentuk bulat dan persegi itu adalah hal yang umum atau bentuk standarisasi dalam membuat sumur resapan.

Jadi jika ingin membuat bentuk sumur resapan yang berbeda, pada intinya hanya pada masalah struktur atau konstruksi bangunan sumur yang harus diperhatikan !

Tujuannya adalah supaya bangunan sumur resapan, bisa kuat dan kokoh! Sehingga sumur resapan bisa berjalan fungsinya dengan secara baik yakni sebagai penampung untuk meresapkan air hujan dari atas langit-langit bumi yang terjatuh keatas permukaan tanah, lalu kemudian masuk meresap kedalam tanah.

Kegunaan Sumur Resapan

Terjadinya penurunan air dalam tanah kapan saja bisa terjadi, terutama dimusim panas atau musim kemarau panjang ! Maka untuk megantisipasi masalah ini terjadi dikemudian hari, solusi cara mengatasi yang paling terbaik yaitu dengan membuat sumur resapan dititik-titik tertentu.

Tanda-tanda penurunan muka air tanah ini bisa terlihat dari keringnya sumur air minum, dari mata air pegunungan yang mengalir terus berkurang secara bertahap terutama dimusim kemarau, dan bahkan bisa terjadinya banjir dalam satu kali dihari pertama dimusim penghujan.

Katakan saja hal seperti itu merupakan sebab akibat dari perubahan lingkungan, oleh karena sering dilakukannya proses pembangunan secara terus menerus, terutama didaerah yang masih hijau nan rindang.

Proses pembangunan yang dilakukan atau dikerjakan biasanya diawali dari pembukaan lahan tanah, lalu ke penebangan hutan secara membabi buta, hingga sampai ke pembangunan industri dan pemukiman, yang diduga kuat ini semua adalah penyebab utama terjadinya hal-hal yang telah disebutkan diatas.

Sehingga dengan kondisi seperti itu yakni sudah terlanjur terjadinya kebanjiran atau banjir bandang, maka dengan secara otomatis juga nantinya perkembangan perekonomian yang sementara sedang dibangun, tidak akan bisa menguntungkan lagi!

Maka oleh karena itu, ini manjadi pusat perhatian kita semua agar dapat dilakukannya sebuah upaya pengendalian banjir dan konservasi air, untuk menghindari terjadinya persoalan tersebut.

Salah satu strategi pengendalian air, mau itu untuk mengatasi kekeringan ataupun banjir yaitu dengan melakukan pembuatan sumur-sumur resapan secukupnya!

Bila dipelukan dan jika dana atau anggaran pembangunannya memadai, maka buatlah sumur resapan sebanyak mungkin dititik-titik tertentu didaerah yang rawan banjir dan kekeringan dengan memperhatikan kondisi tanahnya terlebih dahulu.

Jadi sumur resapan merupakan upaya terbaik untuk memperbesar resapan air hujan, agar masuk meresap kedalam tanah. Selain itu juga memperkecil air diatas permukaan tanah, sebagai penyebab terjadinya banjir.

Berikut dibawah inilah 3 kegunaan sumur resapan yang perlu diketahui :

1. Pengendali Banjir

Dengan adanya sumur resapan, penduduk didaerah rawan banjir bisa terhindar dari menggenangnya aliran air dipermukaan tanah secara berlebih!

Oleh karena sumur resapan ini mampu memperkecil aliran air yang menggenang dipermukaan tanah, sehingga tak menyebabkan banjir.

2. Konservasi Air Tanah

Sumur resapan juga merupakan sebagai konservasi air tanah yang sangat diharapkan, agar air hujan yang turun dapat membuat lebih banyak air yang diresapkan kedalam tanah sebagai air cadangan atau stok air dimasa depan.

Stok atau cadangan air didalam tanah melalui sumur serapan ini, akan dapat dimanfaatkan kembali melalui sumur-sumur mata air seperti sumur bor, sumur air minum, dan lain sebagainya.

Peresapan air kedalam tanah merupakan hal penting, mengingat ada sesuatu hal yang terjadi yaitu adanya perubahan tata fungsi tanah dipermukaan bumi ini, sebagai kosekuensi dari adanya perkembangan penduduk serta perkembangan perekonomian masyarakat terutama di Indonesia.

Dengan terjadinya perubahan tata fungsi tanah tersebut, tentunya akan dapat menurunkan kemampuan tanah dalam meresap air masuk kedalam tanah.

Belum lagi semakin kesini disaat sekarang ini, semakin banyak saja tanah yang tidak dapat meresap air dengan baik! Pasalnya banyak permukaan tanah yang dilapisi dengan berbagai macam benda padat, seperti :
  • Aspal-aspal yang membentang memanjang nun jauh disetiap wilayah, sebagai penghubung antar kota.
  • Beton bertulang dan tidak bertulang, yang akhirnya sama sekali tidak terlihat isinya.
  • Paving blok tertidur dengan elok disetiap pekarangan rumah maupun kantor, sebagai penghias agar tanah tidak becek.
  • Bangunan-bangunan memukau, dengan permukaan tanahnya ditutupi lantai semen kasar hingga sampai dipasangi keramik dan granit,
  • Dan lain sebagainya.

Aaaaarggghhh, sungguh kasihan e bumiku! semakin berkembangnya dunia, semakin berkurang pula ketenangan dan keasrian bumiku ini...!!!

3. Menekan Laju Erosi

Dengan terjadinya penurunan aliran air dipermukaan tanah, maka laju erosi pun akan ikut menurun! Sehingga dengan sendirinya pun, tanah-tanah yang terhanyut dan tergerus akan semakin berkurang.

Dampaknya aliran air yang kecil dengan laju erosi yang kecil pula, akan mengecil. Jadi dengan adanya sumur resapan ini, tekanan air dipermukaan yang mengalir dengan laju erosi yang besar pun, dapat ditekan seminim mungkin.

Itulah ulasan yang dapat larantukagypsum sampaikan dikesempatan pembuatan artikel kali ini yakni tentang pengertian dan kegunaan dari sumur resapan sebagai upaya untuk mengatasi banjir yang harus diketahui.

Mungkinkah info seperti ini bisa membantu ? Yuk dishare saja melalui tombol media sosial yang sudah disediakan dibawah, jika memang ini bermanfaat.

Sekian dan terimakasih ya sob, sudah mau berkunjung dan menyimak. Semoga sobat larantukagypsum semuanya selalu diberikan kesehatan dan rejeki oleh sang pencipta. Amieen...!!