Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jenis Bahan Material Kusen Jendela Dan Pintu Untuk Rumah Minimalis Modern

Model kusen jendela dan pintu minimalis modern disaat membeli untuk bangun rumah, haruslah selalu memperhatikan jenis bahan material yang hendak digunakan.
3 Jenis Bahan Material Kusen Jendela Dan Pintu Untuk Rumah Minimalis Modern
Bahan material kusen jendela pintu yang berkualitas dapat membuat daun jendela, daun pintu, kaca - kaca beserta engsel dan kunci yang terpasang akan bertahan lebih lama dan kuat.

Selain itu, Anda pun harus mempertimbangkan juga dari ketebalan kusennya sebagai tiang sekaligus sebagai bingkai daun jendela dan pintu agar dapat dengan segera diaplikasikan sebelum rumah impian Anda di tempati.

Tebal kerangka kusen dapat menyesuaikan dengan ketebalan dinding (tembok) rumah. Dengan begitu, pembuatan serta pemasangan kusen jendela pintu pastinya akan menjadi lebih terjamin keamananannya.

Jenis Kusen Jendela dan Pintu

Material kusen yang sering dipakai terdapat 3 jenis bahan dalam pembuatannya disaat sekarang ini, diantaranya adalah :
  • Material dari bahan Aluminium,
  • Material dari bahan kayu
  • Material dari bahan uPVC.
Akan tetapi yang perlu diperhatikan diantara bahan - bahan material alumunium, kayu, dan uPVC tersebut yakni kelebihan serta kelemahannya.

Selain itu dari harganya pun harus Anda ketahui, karena dari ke 3 jenis material kusen jendela dan pintu tersebut dijual dengan harga berlainan alias tidak sama.

Jadi buat para sahabat larantukagypsum yang menyimak halaman ini dapat menyesuaikan biaya dengan kebutuhan material yang diperlukan, apabila memperhatikan perihal tersebut.

Agar lebih jelas akan kita uraikan pembahasan dari ke 3 jenis model kusen jendela dan pintu untuk rumah, berikut ini :

1. Material Model Kayu

Material model kayu merupakan salah satu bahan yang paling banyak dipakai dalam pembuatan furniture furniture rumah tangga, khususnya untuk pembuatan kusen jendela dan pintu rumah.

Bahan material kayu ini bisa dikatakan sangat fleksibel, oleh karena bisa didesainkan pada model - model rumah dengan gaya desain minimalis, modern, tradisonal, hingga model klasik sekalipun.

Sejumlah jenis kayu pun memilki sifat yang sangat mudah dibentuk seperti apapun sesuai dengan yang di konsepkan. Sehingga dapat memudahkan para pengarajin serta para tukang kayu dimanapun dalam hal pembuatannya.

Kusen dari material kayu ini pun sangat cocok sekali dipakai untuk pembuatan pintu rumah dengan desain kusen pintu yang natural.

Jika Anda hendak memilah kayu ini sebagai model bahan material pembuatan kusen jendela dan kusen pintu, tentunya diperlukan juga perawatan dengan secara berkala.
.
Pasalnya terdapat sejumlah jenis kayu yang tidak dapat menahan serangan hama misalnya : dimakan rayap serta dan terpaan hujan atau panas matahari yang dapat melapukan kusen pintu dan jendela.

2. Material Model Aluminium

Lain halnya dengan material langsung dari alam seperti bahan kayu, materila dari Aluminium juga sudah terkenal dengan ketahanannya terhadap rayap dan keropos, dan itu adalah merupakan salah satu kelebihan yang dipunyai alumunium.

Kelebihan lain yang dapat temukan dari material aluminium untuk kusen jendela dan pintu yakni bahan materialnya tidak akan berubah bentuk atau menyusut yang disebabkan oleh perubahan cuaca.

Walaupun Kusen jendela pintu alumunium tak dapat memunculkan kesan alami seperti halnya kusen jendela pintu kayu.

Namun Anda bisa berkreasi sendiri agar kusen jendela pintu dengan menggunakan bahan material alumuium ini bisa terlihat menarik dengan cara memolesnya dengan menggunkan warna - warna cat yang aduhai.

Material aluminium sebagai bahan kusen jendela dan pintu termasuk kedalam kategori bahan material bangunan yang memiliki bobot yang ringan, jadi bisa dengan mudah dibawa kemana-mana.

Akan tetapi sebelum Anda membeli jenis material kusen pintu jendela bahan alumunium ini ditoko, diharapkan harus lebih berhati hati. Mengapa ?

Oleh karena material daun jendela dan daun pintu dari bahan aluminium untuk bangunan rumah memiliki kualitas yang rendah, mudah memuai, serta dapat mempengaruhi kusen dikemudian hari.

Selain itu, dalam hal pemasangan untuk kusennya iku lho, dengan material aluminium ini bisa dikatakan agak susah alias cukup rumit, karena masih membutuhkan elemen lainnya yakni sebuah penyekat karet.

3. Material Model uPVC

Jenis bahan material kusen jendela pintu yang terakhir terdapat uPVC namanya. uPVC ini istilah rumitnya yakni Unplasticized Poly Vinyl Chloride.

Material kusen jenis ini sudah banyak dipakau sebagai bahan baku untuk pembuatan kusen pintu jendela minimalis modern dan bisa didesain berdasarkan kebutuhan konsumennya.

Keuntungan atau kelebihan yang didapat apabila Anda hendak menggunakan material uPVC ini untuk kusen jendela dan pintu, diantaranya adalah sebagai berikut :
  • material uPVC tak mudah menyusut (memuai ), 
  • material uPVC kedap suara (dapat meredam suara bising dari luar), 
  • material uPVC tahan terhadap bocor, 
  • perawatan material uPVC bisa dikatakan sangat mudah.
Akan tetapi material uPVC sebagai bahan pembuatan kusen pintu dan jendela ini memiliki juga sejumlah kekurangan yang juga perlu diketahui, seperti : pemesanan ukuran material uPVC khusus untuk jendela harus menyesuaikan dengan bentuk jendela rumah.

Tentang perihal ini tentunya memberikan gambaran buat kita, jika produk uPVC ini tidak memiliki ukuran yang standar.

Sehingga apabila para sahabat larantukuagypsum yang hendak memakai jendela dengan bahan jenis uPVC ini, harus memesannya lebih dahulu agar sesuai dengan konsep desain rumah yang sudah dirancang.

Demikian ulasan tentang jenis - jenis material untuk bahan kusen jendela dan pintu yang bisa kita sampaikan.

Selebih serta kurangnya jika ada kata atau kalimat yang kurang dimengerti mohon dimaklum serta dimaafkan.

Akhir kata dari kita semoga artikel ini bisa bermanfaat dan terima kasih atas kunjungannya. Wassalam.