Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Harga Besi Beton Ulir Diameter 13 mm - 30 mm Berbagai Merk

Harga Besi Beton Ulir - Selain dari besi polos yang sudah dibahas diartikel sebelumnya terdapat juga jenis besi beton ulir namanya. Besi jenis ulir ini mempunyai bentuk yang tidak pada permukaannya alias berulir.
Besi Beton ulir ini sama halnya dengan besi beton polos yang biasa dipakai buat bahan material pekerjaan konstruksi bangunan. Akan tetapi besi ulir lebih kokoh serta kuat dibandingkan dengan besi yang polos.

Mencari besi beton ulir di pasaran Indonesia tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Artinya besi ulir ini bisa ditemukan dengan mudah ditoko material bangunan di kota Anda. Bahkan jika mau, Anda pun bisa memesan besi ulir ini di Toko Online oleh karena ditoko online pun ada tersedia.

Dalam hal harga, biasanya besi ulir di tawarkan oleh penjual itu tidak jauh dari puluhan ribu rupiah. Untuk Anda sahabat larantukagypsum.com yang lagi nyari perbandingan harga besi beton ulir, maka bisa disimak halaman ini hingga selesai.

Pasalnya pada kesempatan pembuatan artikel kali ini, kita akan mengulas perihal Harga Besi Beton Ulir untuk semua ukuran serta merk di tahun terbaru.

Perbedaan Besi Beton Ulir dan Besi beton Polos

Sebelum kita membahas harganya, kita ketahui dulu perbedaan antara besi beton ulir dan polos supaya Anda bisa memahami jenis besi yang mana yang nantinya benar - benar dibutuhkan.

Perbedaan kedua jenis besi ini sebetulnya sudah pernah kita bahas di artikel sebelumnya yang mengatakan bahwa besi beton yang polos itu memiliki permukaan yang rata, sedangkan untuk besi beton yang ulir mempunyai permukaan yang tidak rata.

Dan selain dari perbedaan tersebut terdapat pula perbedaan lainnya yang mesti dipahami di antaranya adalah sebagai berikut :

1. Perbedaan dari Segi Bentuk

Perbedaan bentuk ini baru saja diterangkan diatas dan itu adalah perbedaan yang paling mencolok di antara kedua jenis besi tersebut dimana pada permukaannya memiliki kerataan yang berbeda.

2. Perbedaan dari Segi Fungsinya

Selain memiliki perbedaan bentuk yang tidak sama antara besi ulir dan besi polos juga mempunyai perbedaan dari segi fungsi serta kegunaannya, walaupun keduaanya bisa dipakai untuk mendukung tulangan beton dengan secara bersamaan.

Akan tetapi besi beton polos lebih cenderung dipakai untuk membungkus besi beton ulir dengan secara memanjang, sedangkan untuk besi beton ulir itu sendiri bisa digunakan untuk mengaitkan sesuatunya dengan secara baik.

Sehingga besi ulir lebih banyak dibutuhkan dalam proses pembuatan konstruksi gedung atau bangunan - bangunan yang bertingkat, dan untuk besi beton polos sendiri lebih banyak digunakan pada bangunan yang tidak terlalu besar.

3. Perbedaan dari Segi Ketahanan

Lalu berikutnya lagi perbedaan dari segi ketahanan jelas terlihat berbeda misalnya untuk jenis besi beton polos itu mempunyai ketahanan di angka 240 Mpa, sedangkan untuk besi beton ulir itu senditi mempunyai ketahanan di angka 400 Mpa.

Dan ini artinya adalah untuk beton polos yang memiliki nila Mpa yang kecil di bandingkan angka mpa besi ulir yang lebih besar itu lebih mudah dibengkokkan juga mudah untuk dipasang nya, begitu sebaliknya dengan besi ulir akan sangat susah dibengkokannya.

Sehingga oleh harena perihal tersebutlah jenis besi beton yang ulir ini sering kali dipilih untuk digunakan hanya oleh para kontraktor yang menangani proyek - proyek bangunan berskala besar.

4. Perbedaan dari Segi Harga

Lalu perbedaan dari segi harga antar besi ulir dan besi polos jelas besi beton ulir lebih mahal harganya dibandingkan dengan besi beton polos.

Sehingga kembali lagi ke perihal yang mengakibatkan besi beton ulir lebih sering dipakai oleh para para pekerja kontraktor bangunan berskala besar. Untuk bangunan berskala kecil seperti orang yang hendak bangun rumah huni atau rumah pribadi lebih memilih besi beton polos agar bisa terjangkau harganya.

Dengan mengetahui 4 perbedaan antara besi ulir dan besi polos diatas, Pastinya sahabat larantukagypsum sekarang sudah bisa menentukan jenis beton mana yang nanti mau dipakai, bukan ?

Ketika mau menggunakan besi beton ulir harus diketahui juga ukuran yang dibutuhkan, karena banyak tersedia macam ukuran besi beton ulir di pasaran Indonesia.

Buat sahabat larantukagypsum.com yang belum mengetahuinya, yuk mari kita simak saja berbagai macam ukuran besi beton ulir berikut ini :

Perlu diketahui sebelumnya supaya bangunan rumah tingkat misalnya ingin bisa menjadi lebih kuat, kokoh, serta tidak mudah retak dikemudian hari, maka diperlukan besi beton untuk struktur bangunannya.

Dan pilihan yang tepat dalam memilih jenis besi betonnya yakni dengan menggunakan besi ulir karena bangunannya bertingkat. Alasannya adalah besi beton ulir mempunyai kekuatan yang lebih dibandingkan dengan besi beton polos.

Tapi jika kamu memang masih bingung untuk memilih jenis besi beton ulir yang sesuai dengan kebutuhan kamu, maka kamu bisa langsung saja bertanya kepada tukang bangunan atau bertanya pada penjual dari besi beton ulir.

Harga Besi Ulir

Sesungguhnya Harga besi beton ulir ini tergantung dari ukuran berapa yang hendak digunakan beserta merk apa yang ingin dipilih. Biar lebih gampang melihatnya, kita tampilkan tabel harganya berikut ini :

Harga Besi Beton Ulir Merk MSS

Besi beton ulir MSS ini diberi dengan kode BJKU (Baja Batangan Konstruksi Umum). Untuk BJKU ini adalah jenis besi beton yang digunakan hanya untuk pekerjaan konstruksi umum saja misalnya : pembangunan rumah, pagar, kios, dan lain - lainya yang berskala kecil.

Adapun untuk harga besi beton ulir merk mss ini bisa dilihat pada tabel berikut ini :
Jenis Besi Beton UlirDiameterHarga (Rp)
Besi Ulir Merk MSS BJKU13 mm7.640 kg
Besi Ulir Merk MSS BJKU16 mm6.595 kg
Besi Ulir Merk  MSS BJKU18 mm5.410 kg
Harga Besi Beton Ulir SPI

Besi Ulir SPI sama halnya dengan besi MSS jenis besi beton yakni disediakan untuk kepentingan umum atau BJKU. 

Untuk daftar harga besi merk SPI ini bisa dilihat pada tabel berikut ini :
Jenis Besi Beton UlirDiameterHarga (Rp)
Besi Ulir Merk  SPI BJKU13 mm6.848 kg
Besi Ulir Merk  SPI BJKU16 mm7.105 kg
Besi Ulir Merk  SPI BJKU18 mm5.224 kg
Harga Besi Beton Ulir SRB

Selanjutnya ada besi beton ulir SRB namanya. Besi ini sudah ber lisensi SNI., sehingga kualitas tak perlu diragukan lagi. 

Dan dibawah inilah daftar harga besi ulir merk SRB :
Jenis Besi Beton UlirDiameter (mm)Harga (Rp)
Besi Ulir Merk  SRB SNI13 mm8.560 kg
Besi Ulir Merk  SRB SNI16 mm9.211 kg
Besi Ulir Merk  SRB SNI18 mm7.649 kg
Harga Besi Beton Ulir IBD

Yang merk IBD ulir beton besi ini juga sudah memiliki lisensi SNI. Silahkkan langsung dicek saja harganya dibawah ini :
Jenis Besi Beton UlirDiameterHarga (Rp)
Besi Ulir Merk  IBD SNI13 mm9.080 kg
Besi Ulir Merk  IBD SNI16 mm8.779 kg
Besi Ulir Merk  IBD SNI19 mm8.280 kg
Besi  Ulir Merk  IBD SNI13 mm9.240 kg
Besi  Ulir Merk  IBD SNI16 mm8.789 kg
Besi Ulir Merk  IBD SNI198.451 kg
Harga Besi Beton Ulir TJ

Selanjutnya ada besi ulir merk TJ sama - sama telah ada SNI nya dengan yang diatas. Dan untuk melihat harganya bisa di cek pada tabel ini :
Jenis Besi Beton UlirDiameterHarga (Rp)
Besi Ulir Merk  TJ SNI14 mm10.889 kg
Besi Ulir Merk  TJ SNI16 mm8.263 kg
Besi Ulir Merk  TJ SNI10 mm8.784 kg
Besi  Ulir Merk  TJ SNI13 mm8.400 kg
Besi  Ulir Merk  TJ SNI16 mm8.421 kg
Besi Ulir Merk  TJ SNI19 mm8.769 kg
Harga Besi Beton Ulir KS

Dan yang terkahir yang bisa kita rangkum ada harga besi beton ulir dengan merk KS atau biasa disebut juga dengan besi beton Krakatau Steel yang termasuk pabrik industri baja terbesar di Indonesia.

Selain memproduksi besi beton, produsen KS juga sering memproduksi baja - baja mentah hingga baja - baja yang telah siap pakai.

Adapun kelebihan dari besi beton dari merk KS ini yakni mempunyai satu nilai toleransi dengan selisih paling rendah dibandingkan dengan besi merk lainnya.

Mari kita lihat daftar harganya pada tabel berikut ini.
Jenis Besi Beton UlirDiameterHarga (Rp)
Besi Ulir Merk  KS SNI16 mm9.474 kg
Besi Ulir Merk  KS SNI19 mm9.478 kg
Besi Ulir Merk  KS SNI22 mm9.464 kg
Besi  Ulir Merk  KS SNI24 mm10.324 kg
Besi Ulir Merk  KS SNI26 mm11.883 kg
Besi  Ulir Merk  KS SNI28 mm12.414 kg
Besi Ulir Merk  KS SNI30 mm12.869 kg
Itulah sahabat, daftar harga besi beton ulir mulai dari diameter 13 mm hingga sampai diameter 30 mm dari berbagai macam merk.

Harga diatas mungkin saja berbeda dengan harga ditempat para sahabat semua di kotanya masing - masing.

Maka oleh karena itu untuk memastikan lagi harganya silahkan langsung dicek ssaja di toko material bangunan yang terdekat.

Apakah ini bisa membantu ? Sekian dan terimakasih atas kunjungannya, semoga artikel ini dapat bermafaat. Amien, wassalam...