Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mantan Perenang Olimpiade Menyebut Media Jepang Seksis

TOKYO - Pemantau kesetaraan gender Olimpiade Jepang yang baru mengatakan pada hari Senin bahwa dia telah menonton liputan Olimpiade di negaranya dan tidak menyukai apa yang dia dengar.
“Kalau bicara olahraga, sangat bias kalau bicara gender,” kata Naoko Imoto, yang juga mantan perenang Olimpiade.

Media Jepang tidak mendiskriminasi atlet wanita, hanya saja tidak menganggap mereka seserius pria, menurut dia.

“Banyak saluran melihat atlet wanita sebagai 'perempuan' atau 'perempuan' atau 'istri' atau 'ibu' dan tidak benar-benar sebagai atlet murni," kata Imoto pada briefing harian yang diselenggarakan oleh Komite Olimpiade Internasional dan penyelenggara Olimpiade Tokyo.

Lima dari delapan medali yang dimenangkan Tim Jepang sejauh ini dimenangkan oleh wanita, termasuk tiga medali emas, menurut penghitungan medali Olimpiade terbaru.

Imoto, yang berkompetisi untuk Jepang di Olimpiade Atlanta 1996, tidak merinci stasiun TV Jepang mana yang menggunakan bahasa seksis. Namun dalam wawancara sebelumnya, dia mencatat bahwa media Jepang meliput pegolf Hinako Shibune, seorang wanita, dan Hideki Matsuyama, seorang pria, secara berbeda.

“Tidak ada yang berbicara tentang kehidupan dan penampilan pribadi Tuan Matsuyama,” katanya. "Tapi untuk Ms. Shibuno, ada laporan tentang dia makan permen dan makanan ringan dan tentang senyumnya."

Imoto juga berpendapat bahwa terlalu umum dalam berita utama Jepang untuk menyebut atlet wanita sebagai "terlalu cantik."

“Anda harus melihat atlet wanita sebagai atlet,” katanya. “Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah medali emas di Olimpiade lebih tinggi untuk wanita. Saya ingin mereka diperlakukan sama. Saya ingin berargumen bahwa aneh untuk fokus pada hal-hal yang tidak terkait dengan kompetisi, seperti penampilan dan kehidupan pribadi.”

Imoto terjun kembali ke masalah seksisme pada hari Senin karena wanita Jepang telah mencetak kesuksesan yang signifikan di Olimpiade.

Sebuah survei cepat tentang reaksi media sosial terhadap pernyataannya menunjukkan bahwa dukungan untuk perlakuan yang lebih setara terhadap atlet wanita dan pria oleh media jauh dari universal di Jepang.

"Saya terkejut mendengar bahwa wanita membuat suara yang mengatakan bahwa ada ketidaksetaraan gender dalam liputan permainan olahraga profesional," tulis salah satu poster Twitter. "Menurutmu dari mana uang itu berasal?"

Imoto ditunjuk untuk menjadi pengawas kesetaraan gender oleh penyelenggara Olimpiade Tokyo setelah presiden komite, Yoshiro Mori, dipaksa keluar pada Februari setelah dia mengatakan pejabat olahraga wanita terlalu banyak berbicara selama pertemuan.

Sebulan kemudian, direktur kreatif asli Olimpiade, Hiroshi Sasaki, digulingkan karena membandingkan selebriti Jepang Naomi Watanabe dengan babi.

Dalam sebuah wawancara dengan Asahi Shimbun, salah satu surat kabar nasional terbesar di Jepang, Imoto mengatakan dia terkejut dengan komentar Mori.

“Sedikit yang berubah sejak hari-hari kompetisi saya,” katanya. "Semuanya terlalu mundur."

Imoto, yang bekerja untuk UNICEF sebagai spesialis pendidikan, mengatakan dia berharap untuk “menjadi jembatan” bagi industri olahraga yang sebagian besar didominasi pria.

Penggulingan Mori juga mendorong beberapa pencarian jiwa oleh media Jepang dan seruan baru untuk kesetaraan gender dalam bisnis berita.

Itu adalah Topik A selama simposium pada bulan Maret yang diselenggarakan sebagian besar oleh Konferensi Serikat Pekerja Informasi Budaya Media Massa Jepang, Kyodo News melaporkan.

“Memalukan menemukan organisasi (media massa) dalam situasi seperti ini, meskipun mereka telah mengoceh komentar misoginis Tuan Yoshiro Mori,” kata Mami Yoshinaga, yang mengepalai Federasi Serikat Pekerja Surat Kabar Jepang.

Kaori Hayashi, seorang profesor jurnalisme di sekolah pascasarjana Universitas Tokyo, mengatakan pada konferensi tersebut alasan mengapa media Jepang terus mempromosikan stereotip seksis adalah karena ini adalah “dunia laki-laki.”

Tidak ada wanita di posisi produksi berita teratas di enam penyiar TV komersial yang berbasis di Tokyo pada Desember, Kyodo News melaporkan, mengutip survei serikat pekerja.

Dan hanya tiga dari 159 orang yang duduk di dewan empat asosiasi industri yang mewakili surat kabar, lembaga penyiaran komersial, atau penerbit adalah perempuan.

"Jika posisi pengambilan keputusan ditempati oleh laki-laki, artikel berita, konten siaran dan bahkan cara item berita diurutkan akan mencerminkan perspektif laki-laki," kata Hayashi.

Jepang adalah salah satu negara paling maju di dunia, tetapi secara konsisten menempati peringkat rendah dalam peringkat kesenjangan gender Forum Ekonomi Dunia. Ini peringkat 120 dari 156 negara dalam survei 2021, jauh di belakang Amerika Serikat yang berada di urutan ke-30. Islandia berada di peringkat No.1.