Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kanye West debut 'Donda' dalam penampilan aneh tanpa kata-kata di Atlanta

ATLANTA – Satu-satunya sosok yang mengenakan pakaian oranye kemerahan berjalan perlahan melintasi lantai Stadion Mercedes-Benz, kata-kata "Kita akan baik-baik saja, kita akan baik-baik saja" berulang kali disuarakan di atas akord organ yang membengkak dalam ledakan sonik.
Kabut asap dipompa dari mesin yang ditempatkan di sekitar lantai stadion, membuat sosok mungil itu semakin sulit untuk dilihat.

Saat lampu venue turun, cahaya putih redup menyinari Kanye West – yang terkadang mondar-mandir dalam lingkaran, terkadang berlari beberapa langkah – saat lagu-lagu membentang di sekelilingnya, cahaya mengecil dan meluas dalam berbagai bentuk.

Dan sekitar 48 menit kemudian, dia pergi.

Pratinjau 'Donda':Kanye West mengungkapkan tanggal rilis album, mempratinjau lagu baru dalam iklan dengan Sha'Carri Richardson.

Pada Kamis malam di pusat kota Atlanta, West mempersembahkan peluncuran resmi "Donda," album ke-10 yang telah lama ditunggu-tunggu, yang sering tertunda, kepada sekitar 42.000 orang - penjualan untuk konfigurasi acara tersebut. Album tiba pada hari Jumat.

Beberapa nama besar yang menghadiri pemutaran perdana album termasuk Rick Ross, 2Chainz, Khloe Kardashian dan istri rapper "The Life of Pablo" Kim Kardashian West, yang muncul dalam jumpsuit merah dengan anak-anak mereka.

Kimye split :Kim Kardashian West secara resmi mengajukan gugatan cerai dari Kanye West setelah hampir 7 tahun menikah.

West, diharapkan, terlambat ke pestanya sendiri, akhirnya muncul pada 21:50. (waktu mulai ditagih untuk jam 8 malam); pesta mendengarkan juga disiarkan langsung di Apple Music.

Fans, yang membayar $20-$100 untuk hadir, mungkin mengharapkan semacam kegembiraan.

Atau mungkin beberapa kata dari Barat.

Atau…sesuatu…sesuatu yang membuat malam ini terasa spesial?

Namun, mereka malah disuguhi materi baru, dimainkan dengan sangat keras di atas pengeras suara stadion, saat cahaya di lantai venue berangsur-angsur meluas menjadi persegi panjang penuh yang berkedip sebentar dengan gambar misterius.

Kerumunan tampak terkejut mendengar ketika Jay-Z mulai melakukan rap pada lagu terakhir dari sesi mendengarkan. Di media sosial, lagu itu dipuji karena syair Jay-Z yang termasuk "Ini mungkin kembalinya tahta," sebuah anggukan terhadap album tandem 2011 "Watch the Throne," yang mendapatkan nominasi Grammy.

Album ini dinamai ibu West, Donda, yang meninggal pada tahun 2007 pada usia 58 dan hadir di album dalam pidato yang direkam memperkenalkan sebuah lagu.

Rilisan terakhir West, “Jesus is King” 2019, menandai perubahan gaya bagi rapper lincah, yang mengisinya dengan organ gereja dan paduan suara serta lirik yang menyisipkan ayat-ayat Alkitab dan himne Kristen.

Beberapa lagu dari "Donda" menunjukkan Barat mungkin telah kembali ke motif itu dengan lirik tentang "ular dan lubang uang" dan "air mancur suci, air suci."

Lagu, "God Breathed on This," yang dirilis West awal minggu ini, mengulang judul di antara verse yang dikaburkan oleh Auto-Tune sebelum beralih ke suara paduan suara. Dan, dalam panggilan balik untuk klaimnya di bulan September bahwa dia adalah "Musa yang baru," satu lagu berdebar terus-menerus merujuk pada judul pilihannya.

Namun, kecenderungan keagamaan apa pun kadang-kadang terjadi, karena sebagian besar lagu bercampur menjadi pastiche dengan suara yang terdistorsi tanpa penggambaran yang benar di mana satu berhenti dan yang lain dimulai. Akord piano yang berat menggedor berulang kali di satu trek, sementara gitar fuzzy berdentang di trek lain.

Beberapa lagu termasuk bagian kata yang diucapkan, termasuk satu dari penyair Gwendolyn Brooks “Speech to the Young: Speech to the Progress-Toward (Among Them Nora and Henry III).” ("Bahkan jika Anda tidak siap untuk siang, itu tidak selalu malam.")

Melalui itu semua, West kadang-kadang berhenti untuk mengangkat tangannya ke atas atau maju ke depan dalam posisi berlutut. Ternyata roamingnya di lantai stadion tidak ada gunanya.

Kecuali, mungkin, dalam pikirannya sendiri.