Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jeff Bezos Dan 3 Rekan Kru Bepergian Ke Luar Angkasa Dan Kembali Dalam Waktu Kurang dari 15 Menit

Mengenakan topi koboi di bawah matahari pagi Texas Barat, Jeff Bezos menyeberangi jembatan untuk memasuki kapsul yang dibuat oleh perusahaannya Blue Origin. Dia ditemani oleh tiga orang lainnya – saudaranya Mark Bezos, perintis penerbangan wanita Wally Funk dan Oliver Daemen yang berusia 18 tahun.
Kemudian palka pesawat ulang-alik ditutup dan tepat sebelum 09:15 ET, keempatnya meluncur ke luar angkasa pada penerbangan manusia pertama dengan kendaraan peluncuran New Shepard Blue Origin.

Bezos adalah miliarder kedua bulan ini yang mencapai tepi luar angkasa: Richard Branson meroket di sana minggu lalu di atas kapal yang dibuat oleh perusahaannya Virgin Galactic.

Tanggal peluncuran perdana New Shepard bukanlah kebetulan: 20 Juli adalah hari di tahun 1969 saat Neil Armstrong dan Buzz Aldrin mendarat di bulan.

Para kru pergi 62 mil di atas Bumi dalam hitungan menit

Jalur penerbangan suborbital New Shepard dirancang untuk lebih tinggi dari garis Kármán, yang sering dianggap sebagai batas ruang: sekitar 62 mil di atas Bumi.

Garis itu telah menjadi titik mencuat dalam perlombaan luar angkasa antara Bezos dan Branson.

SpaceShipTwo milik Branson mencapai ketinggian puncak sekitar 282.000 kaki – lebih tinggi dari batas ruang Bumi yang ditetapkan NASA sejauh 50 mil, tetapi lebih pendek dari garis Kármán.

Sekitar tiga menit setelah penerbangan, booster terpisah dari kapsul kru. Kemudian New Shepard melewati jalur Kármán, dengan sorak-sorai perayaan terdengar melalui audio dalam pesawat ulang-alik.

Ledakan sonik terdengar saat booster kembali ke Bumi. Kapsul itu tetap tinggi lebih lama, mengambang di langit biru.

Para astronot, demikian Blue Origin menyebut mereka, diizinkan untuk melepaskan diri secara singkat.

"Siapa yang mau Skittle?" Jeff Bezos bertanya, melemparkan salah satu permen perlahan ke atas kapsul, yang ditangkap Daemon di mulutnya.

"Oh Jeff, lihat itu, di sini gelap!" Funk terdengar berkata semenit kemudian, tampaknya melihat ke luar jendela kapsul. "Dua ribu mil per jam."

Sekitar delapan menit penerbangan, parasut dikerahkan dari kapsul untuk memberi kru pendaratan yang mudah.

Kapsul itu mendarat di pasir gurun, dan segumpal debu lembut membubung di sekitarnya. Secara keseluruhan, misi berlangsung sekitar 11 menit dari lepas landas hingga mendarat.

Setelah kapsul mendarat, mobil datang membawa kru untuk membuka palka dan videografer untuk mendokumentasikan momen tersebut. Sedikit angin berarti kapsul itu mendarat di tempat yang diharapkan.

Jeff Bezos turun dari kapsul terlebih dahulu, diikuti oleh Daemen. Kemudian Funk muncul, lengannya terulur kegirangan. Mark Bezos keluar terakhir, dan keempatnya memeluk keluarga dan teman.

Perjalanan ini menampilkan orang termuda dan tertua yang melakukan perjalanan ke luar angkasa Penerbangan New Shepard termasuk orang tertua dan termuda yang melakukan perjalanan ke luar angkasa.

Funk, 82, adalah salah satu anggota terakhir dari sekelompok pilot wanita yang menjadi bagian dari tes untuk melihat apakah wanita cocok untuk perjalanan ruang angkasa pada tahun 1961. Para wanita melewati banyak tes yang sama dengan pilot pria, dan mereka dikenal sebagai Merkurius 13 – tetapi NASA tidak pernah mengirim mereka ke luar angkasa.

Daemen, seorang mahasiswa Belanda berusia 18 tahun pada tahun jeda, adalah pelanggan pertama yang membayar di atas New Shepard.

Ayahnya, Joes Daemen, pendiri dan CEO perusahaan investasi Belanda Somerset Capital Partners, awalnya mengamankan tempat untuk putranya di penerbangan kedua. Tetapi pemenang misterius dari sebuah lelang untuk sebuah tempat di pelayaran New Shepard tampaknya memiliki konflik penjadwalan, dan Jeff Bezos mengundang Oliver Daemen ke atas kapal.

Awal dari era pariwisata luar angkasa

Peluncuran adalah hari besar bagi Bezos tetapi juga untuk program pariwisata luar angkasa Blue Origin. Siaran web perusahaan menyebutkan bahwa pemirsa yang tertarik harus menghubungi untuk memesan tempat di penerbangan Blue Origin di masa mendatang.

Dua penerbangan lagi dijadwalkan untuk 2021.

Bezos mengumumkan penghargaan baru senilai $100 juta Pada konferensi pers setelah pendaratan, Bezos mengumumkan penghargaan filantropi baru, Courage and Civility Award.

Pemenang pertama penghargaan ini adalah komentator politik dan wirausahawan sosial Van Jones dan pemilik restoran dan kemanusiaan José Andrés. Setiap pemenang akan menerima $ 100 juta, yang dapat mereka berikan kepada badan amal pilihan mereka.

Bezos menyebut bahwa penghargaan tersebut tidak menampilkan birokrasi. "Mereka dapat memberikan semuanya untuk amal mereka sendiri, atau mereka dapat berbagi kekayaan," katanya. "Terserah mereka."