Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biz Markie, Pelopor Hip Hop Tercinta, Meninggal di Usia 57

Rapper, penyanyi dan aktor Biz Markie meninggal pada hari Jumat di Baltimore, menurut perwakilannya. Penyanyi kelahiran Harlem dan pelopor hip hop itu memiliki "istrinya Tara di sisinya" saat ia meninggal karena komplikasi diabetes. Dia berusia 57 tahun.
Terlahir sebagai Marcel Theo Hall, "Pangeran Badut Hip Hop" memiliki hit terbesarnya pada tahun 1989 dengan lagu "Just A Friend" di mana-mana dari albumnya The Biz Never Sleeps.

Lagu ini menghabiskan 26 minggu di tangga lagu Billboard's Hot 100, mencapai nomor lima.

Lagu lucu tentang frustrasi romantis ditampilkan dalam sebuah video yang dimulai dengan sekelompok pemuda memainkan puluhan dan menampilkan Biz bersenandung di piano berpakaian seperti Wolfgang Amadeus Mozart.

Lagu ini merupakan interpretasi dari lagu R&B tahun 1968 milik Freddie Scott, “(You) Got What I Need,” yang memiliki melodi yang sama tetapi tidak diakhiri dengan “oh, snap!”

Karier Markie dimulai di klub-klub dari New York hingga Washington, D.C., dan album pertamanya, Goin' Off 1988, menampilkan hit bawah tanah, "Nobody Beats The Biz." Itu tidak hanya mencicipi Steve Miller tetapi juga mengutip jingle yang sangat mengganggu untuk rantai elektronik lokal yang sekarang sudah tidak berfungsi.

Album ketiganya, I Need A Haircut, yang keluar pada tahun 1991, merupakan titik balik bagi hip hop dan undang-undang hak cipta.

Soft rocker tahun 1970-an Gilbert O'Sullivan menggugat atas penggunaan yang tidak sah atas sampel lagunya "Alone Again (Naturally)" di lagu Markie, "Alone Again."

Gugatan itu memiliki dampak yang langgeng bagi bisnis musik. Album Markie berikutnya diberi nama All Samples Cleared!

Pada 1990-an, Markie mulai muncul di film dan televisi, pertama di film superhero Robert Townsend The Meteor Man dan di acara komedi sketsa seperti In Living Color.

Dia berperan sebagai alien di film hit Barry Sonnenfeld tahun 2002 Men In Black II, yang menyatukannya kembali dengan Will Smith. (Dia nge-rap di lagu “So Fresh” di album Smith tahun 1999, Willenium.) Tahun 90-an dan awal juga melihat Markie tampil sebagai bintang tamu di sejumlah album Beastie Boys.


Sebagai seorang aktor, Markie meminjamkan suaranya sebagai penyiar di serial Comedy Central Crank Yankers.

Karier boneka TV terpanjangnya adalah dengan Yo Gabba Gabba dari Nickelodeon! Dia muncul di 44 episode (sebagai dirinya sendiri) dari 2007 hingga 2019 dan juga di Yo Gabba Gabba! Hidup! menunjukkan.