Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biz Markie, DJ Dan Rapper 'Just A Friend', Meninggal Setelah Stroke Pada Bulan April

Rapper, DJ, dan tokoh budaya pop Biz Markie telah meninggal. Sebuah pernyataan dari perwakilan mengatakan bahwa Biz menciptakan warisan seni yang akan selamanya dirayakan oleh rekan-rekan industrinya dan penggemar tercintanya.
Dia berusia 57 tahun. Dia dikenal sebagai pangeran badut hip-hop, membawa selera humor yang menawan ke genre ini. Andrew Limbong dari NPR memiliki apresiasi ini.

#SUNDBITE DARI PEREKAMAN ARSIP

TIM WESTWOOD: Biz, bagaimana Anda mendapatkan nama Anda, saudara?

BIZ MARKIE: Yah, saya dulu sibuk membuat masalah, dan nama saya Markie. Begitu...

ANDREW LIMBONG, BYLINE: Ini Biz Markie berbicara dengan DJ Inggris Tim Westwood. Ini tahun 1988, dan hip-hop sebagai genre menikmati kesuksesan arus utama yang relatif baru. Lagu besar Markie saat itu adalah "Vapors."

#SUARA LAGU, "UAP"

BIZ MARKIE: (Rapping) Arti kata ini tanpa diragukan lagi berarti tidak ada yang ingin berada di sana ketika Anda sedang down dan out.

LIMBONG: Ini bercerita tentang bagaimana tidak ada yang ingin mengacaukan dia dan teman-temannya ketika mereka sedang naik daun - bukan gadis, bukan rapper lain, tidak ada siapa-siapa. Sekarang dia sudah besar, tiba-tiba...

#SUARA LAGU, "UAP"

BIZ MARKIE: (Rapping) Tapi sekarang semuanya berubah, tanpa kepercayaan. Yo, Biz, apakah Anda ingat saya dari Noble Street, Chief? Kami dulu turun kembali pada hari-hari. Itu terjadi sepanjang waktu dan tidak pernah berhenti memukau. Mereka menangkap uapnya.

LIMBONG: Ini dia di wawancara tahun 1988 itu lagi.

#SUNDBITE DARI PEREKAMAN ARSIP

BIZ MARKIE: Semua orang melihat - meremehkan saya sebagai seorang rapper. Tapi kemudian saya hanya duduk dan menulis sesuatu untuk diri saya sendiri. Dan itu seperti - lebih dari balas dendam, Anda tahu, seperti meletakkannya kembali di wajah Anda.

LIMBONG: Kegembiraan yang lucu dan dengki serta sikap underdog yang mencela diri sendiri adalah utas yang ada di banyak lagunya, termasuk hit terbesarnya, "Just A Friend" tahun 1989.

#SUARA LAGU, "HANYA TEMAN"

BIZ MARKIE: (Menyanyi) Anda, Anda mendapatkan apa yang saya butuhkan. Tapi kamu bilang dia hanya teman. Dan kau bilang dia hanya seorang teman. Oh, sayang, kamu...

LIMBONG: Biz Markie lahir sebagai Marcel Theo Hall pada tahun 1964 di New York. Dia masuk ke hip-hop melalui DJ dan beatboxing, dan kemudian dia membuat nama untuk dirinya sendiri sebagai semacam rapper goofball dengan lagunya "Pickin' Boogers," yang persis seperti yang dikatakannya.

#SOUNDBITE OF SONG, "PICKIN' BOOGERS"

BIZ MARKIE: (Rapping) Jadi naikkan hidungmu dengan satu atau dua jari, dan keluarkan satu atau satu kru. Yo.

MARK ANTHONY NEAL: Maksud saya, dia membuat seluruh lagu berjudul "Pickin' Boogers" (tertawa), yang, seperti - tidak terbayangkan, Anda tahu, ketika kita sampai ke era gangsta rap pada 1990-an.

LIMBONG: Mark Anthony Neal adalah profesor studi Afrika-Amerika di Duke University yang menulis sejumlah buku tentang budaya pop kulit hitam. Neal mengatakan bahwa sementara Biz Markie mungkin bercanda, pengaruhnya serius.

NEAL: Ketika Anda memikirkan dampaknya, Anda tahu, dia mengolok-olok bernyanyi saat itu. Tapi, tahukah Anda, 30 tahun kemudian, menyanyi kini menjadi bagian dari kotak peralatan bagaimana menjadi seorang rapper yang sukses.

LIMBONG: Dia juga meninggalkan sidik jarinya di bisnis musik.

#SOUNDBITE OF SONG, "ALONE LAGI (ALAMI)"

GILBERT O'SULLIVAN: (Menyanyi) Sendiri lagi, tentu saja.

LIMBONG: Di album ketiganya, Biz Markie mengambil sampel lagu "Alone Again (Naturally)" oleh Gilbert O'Sullivan tanpa menghapusnya. O'Sullivan menggugat dan menang.

Seorang hakim memerintahkan Markie untuk membayar ganti rugi $ 250.000 dan melarang label untuk terus menjual album. Pengambilan sampel tidak pernah sama, karena label kemudian mulai menuangkan sumber daya untuk memastikan semuanya baik-baik saja.

#SOUNDBITE OF SONG, "LET ME MENGHIDUPKAN ANDA"

BIZ MARKIE: (Menyanyi) Katakan, ya.

PENYANYI TAK TERIDENTIFIKASI: (Menyanyi) Yah.

BIZ MARKIE: (Menyanyi) Rasanya sangat enak bagiku. Baik...

LIMBONG: Dengan gaya Biz Markie yang sebenarnya, dia memberi judul album lanjutannya, "Semua Sampel Dibersihkan." Karier musik Markie tidak pernah mencapai puncaknya lagi, tetapi ia tetap menjadi bagian dari budaya pop dengan tampil di berbagai acara TV dan film.

Dan, tentu saja, setiap generasi akhirnya menemukan betapa menularnya "Just A Friend" itu. Dia mengatakan kepada The Washington Post pada 2019, itu seperti sandwich McRib. Ini seperti bunga di luar yang memutih di semak-semak. Itu datang ketika bersiap-siap untuk menjadi musim semi. Anda menghargainya.

#SUARA LAGU, "HANYA TEMAN"

BIZ MARKIE: (Menyanyi) Anda, Anda mendapatkan apa yang saya butuhkan. Tapi kamu bilang dia hanya teman. Tapi kamu bilang dia hanya teman. Oh, sayang, Anda mendapatkan apa yang saya butuhkan.

Tapi kamu bilang dia hanya teman. Tapi kamu bilang dia hanya teman. Oh, sayang, Anda mendapatkan apa yang saya butuhkan. Tapi kamu bilang dia hanya teman. Tapi Anda bilang dia hanya... Transkrip yang disediakan oleh NPR, Hak Cipta NPR.