Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saham Tesla Tergelincir Setelah Musk Membatalkan Kotak-kotak + Sedan Jarak Jauh

Saham Tesla Tergelincir - Keputusan Tesla Inc. untuk menjatuhkan versi jarak jauh dari sedan Model S berkinerja tinggi menghancurkan harapan investor untuk reli bantuan pada hari Senin setelah turun enam dari tujuh minggu terakhir.

Saham Tesla Tergelincir Setelah Musk Membatalkan Kotak-kotak + Sedan Jarak Jauh

Saham pembuat mobil listrik itu turun sebanyak 2,7% di perdagangan New York, memperpanjang penurunan dari puncaknya pada akhir Januari menjadi 34%, setelah Elon Musk mentweet bahwa sedan Model S Plaid+ dibatalkan. Chief executive officer mengatakan "tidak perlu" untuk menawarkan mobil karena versi Plaid jarak pendek "sangat bagus."

"Ini bukan berita yang ingin didengar Street," kata analis Wedbush Securities Daniel Ives. "Di permukaan, alasan itu masuk akal, tetapi juga terasa seperti 'anjing memakan pekerjaan rumah.'"

Tesla mencantumkan Plaid+ di situs webnya sebagai menawarkan jangkauan lebih dari 520 mil (837 kilometer), dibandingkan dengan sekitar 390 untuk model Plaid biasa, dan telah mengambil deposit yang dapat dikembalikan untuk mobil selama berbulan-bulan.

Ives mengatakan Plaid+ diperkirakan akan menarik permintaan khusus dan bahwa kekurangan chip global telah memaksa perusahaan untuk membuat beberapa pilihan sulit terkait produksi.

Salah satu faktor lainnya adalah ketersediaan baterai jenis baru yang sedang dikembangkan Tesla. 

Produsen mobil itu berbagi rencana pada bulan September untuk membangun 4680 sel yang lebih besar, lebih padat energi, dan lebih kuat yang memungkinkan perusahaan menawarkan EV yang lebih murah dan berkinerja lebih tinggi. 

Pada bulan April, bagaimanapun, Musk mengatakan sel-sel itu mungkin 12 hingga 18 bulan lagi dari produksi volume.

Keputusan untuk membatalkan Plaid+, yang diumumkan hanya beberapa hari sebelum acara pengiriman Plaid pada 10 Juni, hanyalah yang terbaru dari serangkaian berita negatif yang menghantam saham Tesla dalam beberapa bulan terakhir, termasuk laporan yang mengarah pada penurunan penjualan di China, beberapa crash , beberapa penarikan dan kekurangan semikonduktor yang sedang berlangsung membebani semua pembuat mobil.

Saham Tesla sekarang turun sekitar 16% tahun ini dibandingkan dengan kenaikan 12% untuk Indeks S&P 500.