Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Saham Tesla Jatuh Saat CEO Elon Musk Membatalkan Rencana Untuk Model S Plaid Plus

Saham Tesla Jatuh - Tesla (TSLA) membatalkan rencana untuk versi Plaid Plus dari Tesla Model S, menurut tweet Minggu malam oleh CEO Elon Musk.

Saham Tesla Jatuh Saat CEO Elon Musk Membatalkan Rencana Untuk Model S Plaid Plus

Mobil itu diharapkan mulai dijual dalam waktu sekitar satu tahun dan biaya hampir $ 150.000. Tesla masih berencana untuk memproduksi mobil versi Plaid yang harganya sekitar $30.000 lebih murah. Perusahaan mengadakan acara pengiriman Model S Plaid pada 10 Juni, setelah penundaan selama berbulan-bulan dalam pengiriman Model S di tengah perubahan yang diperpanjang.

CEO Tesla Musk tweeted bahwa Plaid + dibatalkan karena "tidak perlu, karena Plaid sangat bagus."

"Ini bukan berita yang ingin didengar Street," kata analis Wedbush Daniel Ives dalam email ke IBD. "Di permukaan, alasan itu masuk akal, tetapi juga terasa seperti anjing memakan pekerjaan rumah."

Jika masalah baterai harus disalahkan karena tidak memproduksi Model S Plaid Plus, rencana untuk Cybertruck dan Semi Tesla tidak terlihat menjanjikan. Musk juga mengatakan 4680 sel yang sama akan digunakan di beberapa crossover Model Y.

Musk telah membual tentang Plaid+ yang mampu menempuh lebih dari 500 mil dengan sekali pengisian daya, dibandingkan dengan versi Plaid standar, yang akan dirancang untuk menempuh 390 mil.

Jangkauan yang diperluas itu akan memberinya hak membual atas Lucid Air kelas atas, yang dibuat oleh Lucid Motors, dengan jangkauan varian teratas 517 mil.

Lucid Motors dipimpin oleh mantan kepala insinyur Tesla Peter Rawlinson. Startup ini seharusnya mengirimkan EV pertamanya, sedan mewah Lucid Air, akhir tahun ini. Edisi Impian awal akan berharga $ 169.000 dan berkendara sejauh 503 mil dengan sekali pengisian daya.

Pada 23 Februari, perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) Churchill Capital Corp IV (CCIV) mengumumkan akan membawa Lucid ke publik dalam kesepakatan yang menghargai Lucid sebesar $24 miliar. Lucid akan berdagang di bawah simbol LCID. Kesepakatan itu diperkirakan akan selesai pada akhir kuartal kedua.

#Sementara itu, saham CCIV melonjak 7%.

Di antara pembuat mobil dengan daftar EV yang berkembang, General Motors (GM) turun 0,5%, Ford (F) turun 1,6% dan Volkswagen (VWAGY) naik 1,8%.

Saingan Tesla yang berbasis di China, Nio (NIO) naik 2,9%, Xpeng (XPEV) naik 3% dan Li Auto (LI) naik 5%.

#Tesla's 'Berombak Beberapa Bulan'

Kekurangan chip global telah memaksa Tesla untuk membuat beberapa pilihan sulit di bagian depan produksi, kata Ives.

"Beberapa bulan terakhir telah berombak untuk Tesla, dan ini menambah agitasi secara keseluruhan," katanya.

Pesanan Tesla turun hampir 50% pada Mei vs April, Informasi melaporkan minggu lalu, mengutip data internal. Itu terjadi di tengah beberapa minggu keluhan konsumen tentang keamanan Tesla dan arogansi yang dirasakan, yang banyak diliput di media pemerintah China. Pada bulan April, pengiriman Tesla di China tidak termasuk ekspor turun dua pertiga vs Maret menjadi 11.671, menurut data dari kelompok perdagangan.

"Musk & Co. jelas telah mencapai masa sulit di wilayah ini dengan masalah keamanan autopilot, kekurangan chip, masalah PR negatif, dan pembatasan oleh Beijing seputar kisah Tesla, semuanya berkontribusi pada periode permintaan yang lebih lemah ini," tulis Ives dalam sebuah catatan. untuk klien.

Selasa pagi, investor harus mendapatkan penjualan EV China untuk Mei, termasuk pembacaan pertama penjualan Tesla di pasar kritis itu. Penjualan Tesla tersebut kemungkinan mencerminkan pesanan dari bulan-bulan sebelumnya.

Tesla juga telah menghapus sensor radar dan beberapa fitur dukungan lumbar dari mobil Model 3 dan Model Y di AS, kemungkinan karena masalah pasokan semikonduktor.

close