Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

WWDC : Apple membidik Zoom dengan FaceTime, meluncurkan pembaruan privasi baru.

Apple membuat FaceTime tersedia untuk lebih dari sekadar pengguna perangkatnya sebagai bagian dari rangkaian peningkatan perangkat lunak yang akan datang musim gugur ini

Apple membidik Zoom dengan FaceTime, meluncurkan pembaruan privasi baru

Pembaruan perangkat lunak Apple Inc. yang akan datang bertujuan untuk menjadikan FaceTime sebagai pesaing yang lebih tangguh di dunia konferensi video dan melanjutkan perang privasi perusahaan terhadap pengiklan pihak ketiga yang melacak data pengguna.

Perusahaan memulai acara pengembang WWDC tahunannya pada hari Senin dengan keynote virtual yang mempratinjau peningkatan perangkat lunak yang datang ke berbagai sistem operasi perangkatnya, yang diharapkan akan diluncurkan pada musim gugur ini. Setelah setahun di mana panggilan video menjadi lebih penting, Apple AAPL, +0,01% menambahkan fitur baru dan mengambil langkah untuk membuat aplikasi FaceTime lebih universal.

Untuk memulai, perusahaan memperkenalkan tautan FaceTime, sehingga penyelenggara rapat dapat menyebarkan tautan ke panggilan FaceTime terjadwal, bahkan ke pengguna berbasis web yang tidak memiliki Mac atau perangkat Apple lainnya. Peningkatan ini membuat FaceTime lebih kompetitif terhadap platform seperti Zoom Video Communications Inc. ZM, +1,98% dan Microsoft Corp.'s MSFT, +1,20% Teams, yang mengalami peningkatan adopsi selama pandemi di antara orang-orang yang ingin bertemu teman, melakukan remote pertemuan bisnis, dan terlibat dalam pertemuan virtual lainnya.

Perangkat lunak baru Apple juga meningkatkan pengaturan audio di FaceTime, sehingga pengguna dapat memilih untuk memblokir suara latar yang bising atau memilih profil suara yang lebih luas yang lebih baik menangkap semua yang terjadi di sekitar mereka.

Perusahaan akan membuatnya sehingga mereka yang melakukan panggilan FaceTime dapat menonton konten bersama secara tersinkronisasi. Fitur yang disebut SharePlay, akan bekerja dengan aplikasi asli Apple seperti Apple TV+, tetapi juga dengan pihak ketiga yang memilih untuk berpartisipasi dengan memanfaatkan antarmuka pemrograman aplikasi (API). Walt Disney Co.'s DIS, -0,11% Disney+ dan AT&T Inc.'s T, -0,65% HBO Max termasuk di antara mitra awal.

#iPhone

Pembaruan FaceTime akan bekerja di seluruh sistem operasi Apple, termasuk iOS, yang mendukung iPhone. Perangkat tambahan lainnya fokus pada berbagi dan bersosialisasi. Dalam aplikasi Foto, Apple berencana untuk memudahkan orang melihat foto bersama dari perjalanan dan acara di dalam perpustakaan mereka. Apple juga akan menempatkan daftar putar yang dibagikan oleh teman-teman di dalam aplikasi Apple Music.

Apple telah mengizinkan pengguna iPad untuk membuat catatan tulisan tangan dan kemudian mengubah tulisan tersebut menjadi teks, dan perusahaan akan menerapkan teknologi serupa ke aplikasi Foto. Pengguna akan dapat memindai foto baru dan yang sudah ada untuk teks latar belakang, seperti catatan di papan tulis atau nomor telepon restoran di sisi gedung. Mereka kemudian akan menerima kemampuan untuk menyalin dan menempelkan teks itu atau mengikuti tautan untuk menghubungi nomor telepon yang terdaftar.

Aplikasi Wallet akan menjadi rumah bagi beragam kartu digital, termasuk kartu kunci hotel dan lisensi negara bagian. Hyatt Hotels Corp. H, +0,30% akan mulai meluncurkan fungsi kunci kamar baru dalam aplikasi dompet Apple musim gugur ini, dan Apple bekerja dengan beberapa negara bagian yang berpartisipasi untuk memungkinkan pengguna memindai lisensi mereka di dompet digital untuk membuat versi terenkripsi yang perusahaan berharap pada akhirnya akan kompatibel dengan pos pemeriksaan Administrasi Keamanan Transportasi.

Apple juga ingin orang mempertimbangkan untuk membuka rumah mereka dengan iPhone mereka dan memiliki kemitraan dengan produsen kunci seperti Schlage.

Aplikasi Maps mendapatkan beberapa peningkatan augmented-reality, termasuk yang akan memungkinkan orang untuk keluar dari pemberhentian kereta bawah tanah, memindai lingkungan mereka dengan ponsel mereka, dan melihat hamparan petunjuk arah yang memberi tahu mereka mana yang harus bepergian selanjutnya.

Apple juga membidik kelebihan pemberitahuan yang dialami banyak orang, dengan memperkenalkan bagian baru yang menawarkan ringkasan pemberitahuan aplikasi yang mungkin terlewatkan oleh orang-orang. Perusahaan sedang menciptakan mode "fokus" baru yang memungkinkan orang mengontrol cara mereka menerima notifikasi saat sedang bekerja atau makan malam.

#Pribadi

Apple melanjutkan upayanya untuk memperkenalkan fitur privasi yang mengganggu teknologi pelacakan iklan di berbagai pembaruan sistem operasinya.

Pengguna akan segera memiliki opsi untuk memblokir pelacakan piksel, sebuah teknik yang digunakan pemasar email untuk mengidentifikasi apakah orang telah membuka email. Mereka yang menonaktifkan pelacakan piksel di aplikasi Mail Apple, yang tersedia di seluruh perangkat, juga akan dapat menyembunyikan alamat IP mereka dari pemasar. Kemampuan untuk memblokir pelacakan IP juga akan tersedia di Safari.

Selain itu, laporan privasi baru akan menunjukkan seberapa sering aplikasi menggunakan izin akses yang telah diberikan oleh pengguna.

#iPad

Apple juga melakukan peningkatan pada sistem operasi iPad-nya, dengan fitur-fitur baru yang menurut perusahaan dimaksudkan untuk meningkatkan produktivitas pengguna.

Perusahaan akan mulai mengizinkan pengguna untuk memasang widget ke layar beranda iPad mereka dengan pembaruan perangkat lunak iPad OS 15 yang baru. Apple juga memperkenalkan pintasan keyboard baru dan membuatnya agar orang dapat lebih mudah mencatat info penting saat menjelajah melalui aplikasi lain, seperti browser web Safari.

Pengguna iPad akan mendapatkan pengalaman versi Safari yang disempurnakan yang menampilkan fungsi pengelompokan untuk tab dan opsi untuk menambahkan ekstensi ke layanan seperti Grammarly atau PYPL PayPal Holdings Inc., -0,93% Sayang. Ini akan disinkronkan dengan layanan di Mac dan iPhone.

#Mac

Krisis COVID-19 mendorong minat yang semakin besar pada pengaturan layar ganda, dan segera pengguna Mac mungkin dapat merancang solusi darurat dengan perangkat yang mereka miliki di rumah.

Sistem operasi macOS Monterey Apple yang baru akan memungkinkan orang menggunakan mouse atau trackpad Mac mereka untuk mengontrol iPad atau perangkat Mac lainnya. Fungsi Kontrol Universal akan memungkinkan pengguna menyeret dan melepaskan konten dari satu perangkat ke perangkat lain, sehingga orang dapat mengambil sketsa iPad dan menambahkannya ke video yang mereka produksi di Mac mereka, dalam satu contoh yang disediakan oleh perusahaan.

Pengguna Mac juga akan terlibat dengan Safari yang didesain ulang dan menonton konten bersama melalui SharePlay, di antara fitur-fitur lain dari sistem operasi iPhone dan iPad yang juga akan masuk ke komputer pribadi.

#jam apel

Upgrade ke sistem operasi watchOS lebih kecil tahun ini dan termasuk pengenalan aplikasi kontak dan aplikasi Home baru yang memungkinkan mereka yang memiliki kamera keamanan yang terhubung melihat siapa yang ada di depan pintu dari pergelangan tangan mereka.

Saham Apple turun 0,2% dalam perdagangan sore, seperti halnya dana yang diperdagangkan di bursa SPDR Technology Select Sector XLK, -0,02%. Dow Jones Industrial Average DJIA, -0,36% tergelincir 0,4%.

close