Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Solusi, Anda Sakit Parah dan Bingung Bayar Cicilan KPR Rumah.

Bagaimana solusi cicilan KPR Rumah Anda andai kata sakit parah ? Jika tabungan uang banyak atau mamah papah anda bisa mengcancelnya mungkin tidak masalah ya, tetapi andai kata uang nehi...nehi ?? Ayo apa yang mau dilakukan, bingung atau bingung ?

Anda Sakit Parah dan Bingung Bayar Cicilan KPR Rumah

Seiring bergesernya waktu harga rumah pasti akan selalu merangkak naik, ada yang naiknya meroket, ada yang standar, ada juga yang stabil, dan lain - lainya. 

Sehingga impian memiliki rumah dengan cara mencicil buat sebagian orang, banyak yang melalui program KPR atau yang lebih di kenal dengan nama Kredit Pemilikan Rumah ketimbang beli rumah dengan secara cash atau tunai.

Menurut sebagian orang sih begitu, KPR katanya bisa memudahkan pembelian rumah dengan cara diangsur murah hingga beberapa tahun lamanya.

Memang betul..!!! Tapi, Anda jangan senang hati dulu karena setelah Anda lolos dari seleksi KPR, Anda masih harus memikirkan kembali bagaimana cara mencicil pertiap bulannya nanti supaya lancar, aman dan nyaman, dan ini belum mikirin pahitnya.

Coba jika mikirin pahitnya seperti ketika di tengah perjalanan pembayaran cicilan tiba - tiba Anda sakit parah, dan ini bisa saja terjadi dan mungkin sudah terjadi, sehingga mengakibatkan Anda tidak sanggup bayar cicil dan berujung gagal bayar alias kolapss.

Lantas solusi seperti apa yang bisa anda lakukan jika anda sebagai nasabah KPR dan mengalami sakit parah, sehingga tidak mampu buat membayar lagi cicilan KPR ?

Solusi Cicilan KPR Sakit Parah

Berikut di bawah ini solusi bayar cicilan kpr buat yang sakit parah tidak mampu bayar cicilan pertiap bulannya :

1. Konsultasi dengan Pihak Bank

Pertama - tama yang bisa anda coba lakukan yaitu berkonsultasi dulu dengan pihak bank penyedia kpr. Apabila Anda tidak mampu berjalan, ya bisa diwakilkan dengan cara membuat sepucuk surat kuasa.

Selanjutnya ceritakan atau ungkapkanlah isi hati anda sedetail detailnya mengenai permasalahan yang dihapai.

Apabila diperlukan, lampirkan juga beberapa bukti digital sebagai penguat supaya pihak bank dapat mempercayai kondisi yang Anda hadapi yaitu sebagai nasabah KPR yang lagi sakit parah.

Setelah pihak bank yakin dengan keadaan kondisi Anda, maka pihak bank pun pasti akan mencarikan sebuah solusi yang terbaik supaya Anda bisa memperoleh keringanan dalam bayar cicilan kpr pertiap bulannya.

2. Mengajukan Keringanan Cicilan

Cara lain atau cara yang kedua yang bisa anda lakukan yaitu meminta atau mengajukan keringanan cicilan kepada pihak bank. 

Cara ini istilah lainnya di sebut dengan nama Restrukturisasi Hutang, serta bermacam - macam pula bentuknya seperti : 

  • bisa berupa diskon cicilan, 
  • perpanjangan tenor, 
  • hingga pemberian suku bunga yang lebih ringan.
Keringanan cicilan tersebut juga bisa berupa atau dalam bentuk mengubah perjanjian KPR.

3. Mengajukan Penjadwalan Ulang Proses Cicilan

Solusi seterusnya atau solusi yang ke tiga dan solusi ini bisa dikatakan cukup efektif di lakukan jika kondisi Anda sebagai nasabah KPR yang di landa sakit parah.

Itupun jika memang sakit parah anda bisa meyakinkan para pihak bank dengan menyertakan tanda bukti yang kuat mengenai kondisi yang anda hadapi.

Pada solusi yang ke tiga ini biasanya perlu proses waktu yang lama. Mengapa ?

Oleh karena solusi seperti harus dapat menempuh kesepakatan antara kedua belah pihak agar hasilnya bisa sama - sama menguntungkan.

Akan tetapi dalam penjadwalan ulang tproses pembayaran kpr ini, Anda harus betul komitmen dalam mematuhi kesepakatanya terutama dalam hal pembayarannya supaya pihak bank tidak merasa kecewa.

4. Mengajukan Perubahan Suku Bunga

Salah satu faktor yang di anggap memberatkan pihak peminjam atau penerima pinjaman yaitu Suku bunga yang di tanggung. Walaupun ini merupakan satu hal yang lumrah dalam dunia perbangkan khususnya perkreditan,

Dan sekedar di ketahui, dalam besaran suku bunga itu sendiri bukan merupakan sistem flat atau adanya pengembangan, sehingga pertiap tahunnya akan ada penambahan nominal cicilan yang harus dibayar.

Namun mengingat kondisi Anda yang sedang lagi sakit parah, maka Anda bisa menyampaikan kepada pihak bank bahwasanya Anda membutuhkan pengaturan ulang suku bunga yang di tanggung.

Besar kemungkinan pengajuan anda tersebut bisa di kabulkan oleh pihak bank, namun dengan catatan Anda bisa mempertanggung jawabkan kondisi Anda yang sedang sakit parah terebut.

5. Take Over Kredit

Cara yang terakhir atau cara ke 5 yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan Take Over Kredit.

Dengan cara Take Over Kredit ini, maka Anda bisa memperoleh uang dari hasil penjualan rumah Anda. Artinya resiko dari Take Over Kredit ini yaitu Anda akan kehilangan rumah tersebut.

So sebelum anda melakukan solusi yang ke 5 ini atau solusi Take Over Kredit, alangkah baiknya pelajari dulu bagaimana mekanisme atau atau cara - cara atau prosedur dari take over KPR ini..

Jika kurang tahu, maka bisa meminta bantuan kepada pihak bank penyedia kpr dalam hal urus mengurusnya supaya tidak mengalami kerugian di kemudian hari.

Itulah solusi cicilan kpr yang bisa anda lakukan jika Anda mengalami sakit parah sehingga tersendatnya bayar cicilan pertiap bulannya. 

Apakah ini bisa membantu ? Silahkan di share saja buat teman dekat anda, siapa tahu memerlukan informasi seperti ini.

Sekian dan terimakasih telah berkunjung di blog butut ini. semoga informasi ini bisa bermanfaat buat orang banyak.wsslm