Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lembar Gyspsum Yang di Butuhkan untuk Plafon Ruang Tamu Ukuran 3 x 4 ?

Butuh berapa lembar gypsum sih untuk pemasangan Plafon Ruang Tamu yang memiliki ukuran lebar ruangan 3 meter dan panjang ruangannya 4 meter (3 x 4) ?

Berapa Lembar Gyspsum Yang di Butuhkan untuk Plafon Ruang Tamu Ukuran 3 x 4 ?
Pertanyaan seperti itu sering kali di ajukan oleh tuan rumah yang hendak pasang plafon dengan cara membeli bahan sendiri kepada seorang tukang plafon atau kepada orang yang ahli di bidang kosntruksi bangunan interior rumah.

Yup, karena tuan rumahnya memilih belanja bahan material plafon sendiri dan kurang mengetahui cara hitung menghitung kebutuhan bahan khususnya bahan gypsum, maka sering di buat bingung. Sehingga mau tak mau harus bertanya kepada tukangnya.

Bersyukur tukangnya mau membantu memberikan info mengenai kebutuhan bahan yang di perlukan, tentunya hal tersebut tidak akan memberatkan tuan rumah. Dan itu artinya tukang tersebut adalah tukang yang baik hati.

Karena ada juga sebagian tukang terkadang jika di mintai info mengenai kebutuhan bahan material plafon yang di perlukan, katakanlah orangnya pura pura tidak tahu atau pelit info gitu. 

Dengan kata lain tukang tersebut mengatakan dalam hatinya sendiri dengan tanda kutip seperti berikut ini : 

  • "kalo mau hitung dengan bahan, ya lain lagi harganya",
  • "kan ongkos kerja saja, lain - lain tidak di hitung..",
  • "kalo borong bahan alias plafon terima jadi, pak tidak lagi repot.."
  • dan "bla bla bla 100 x.."

Tak hanya kepada tuan rumah sih, ke sesama tukang juga hal seperti ini biasa terjadi dan bukan hanya masalah bahan, masalah yang lain seperti masalah ongkos kerja, ongkos borong bahan dengan sesama tukang, seringkali penuh tipu daya.

Untuk anda sebagai tuan rumah yang hendak pasang plafon jika tidak ingin repot mengatur semua bahan kebutuhan material khususunya untuk pemasangan plafon, mungkin dengan menawarkan borong bahan semua + kerja kepada tukang itu sendiri adalah pilihan yang tepat.

Namun dengan catatan harus juga di selidiki berapa harga pasaran borong bahan + kerja di lokasi di mana bapak / ibu berada.

Jika bapak / ibu sebagai tuan rumahnya sudah terlanjur harus mencari bahan material sendiri untuk pemasangan plafon ruang tamu, dan kebetulan ukuran ruanganya sama dengan judul artikel ini, maka silahkan simak terus ulasannya hingga selesai.

Butuh berapa lembar gypsum sih untuk pemasangan Plafon Ruang Tamu dengan ukuran ruangan 3 x 4 ? berikut ini urutan cara menghitungnya :

  • Ketahui luas ruangan tamu
  • Lalu ketahui juga ukuran papan gypsum perlembar
Jika sudah di ketahui nilai luas dan ukuran pada ke dua poin di atas, maka tinggalah di bagi saja luas ruanga dengan luas  papan gypum perlembar, maka hasilnya itulah keperluan gypsum yang di butuhkan untuk pemasangan plafon ruang tamu 3 m x 4 m.

Masih bingung ?

Berikut ini detail hitungannya :

  • Luas Ruangan : 3 x 4 = 12 m2
  • Luas Papan Gypsum : Lebar x Panjang (1.20 cm x 2.40 cm) = 2.88 m2
  • Kebutuhan papan gypsum : 12 m2 : 2.88 m2 = 4.17 Lembar
Kesimpulan :
  • Gypsum yang di butuhkan untuk plafon ruang tamu dengan ukuran 3 meter x 4 meter adalah 4,17 lembar. Di bulatkan menjadi 5 lembar, karena di toko tidak tersedia papan gypsum yang setengah lembar.
Catatan :
  • Kebutuhan yang 5 lembar tersebut berlaku untuk plafon dengan model rata. Jika ingin model trap, drop, variasi tengah, maka tinggal tambahkan saja 1 atau 2 lembar papan gypsumnya.
Ok itulah ulasan mengenai Berapa Lembar Gypsum yang di butuhkan untuk Plafon Ruang Tamu 3 x 4, maka di atas itulah jawabanya. 

Lalu bagaimana dengan material lainnya seperti material untuk rangka plafon, sekrup, dan lain - lain ? akan kita ulas pada pembuatan artikel di kesempatan berikutnya. So simak terus artikel - artikel terupdate seputar plafon gypsum hanya di larantuka gypsum.

Apakah ini bisa membantu ? sekian dan terimakasih telah menyempatkan waktunya tuk menyimak, dan semoga artikel bisa bermanfaat.wasslam