Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rapid Test Antigen dulu Bro jika mau Pulkam Pulau Jawa, dan ini Aturan Maennya...

Jakarta, Perihal Aturan Rapid Test Antigen | Pemerintah mengharuskan, barang siapa yang mau bepergian jauh atau orang yang melakukan perjalanan mau itu dalam rangka hari raya, tahun baru, atau lainnya. Maka wajib menyertakan dengan surat hasil rapid test antigen.

Rapid Test Antigen dulu bro Jika mau Pulkam Pulau Jawa, dan ini Aturan Maennya...

Yup, rapid test antigen dengan hasil negatif sekarang ini telah menjadi kebijakan baru dari pemerintah yang wajib di taati oleh masyarakat terutama yang bepergian, yang mau mudik buat tahun baruan, atau pun yang mau pulkan merayakan natal, di tengah pandemi COVID-19 yang masih mewabah ini. 

Hasil dari rapid test antigen tersebut diwajibkan buat para pengguna kendaraan, mau itu kendaraan laut, darat, ataupun udara.

Mulai Rapid Test Antigen

Merujuk pada Surat Edaran No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19 yang dikeluarkan oleh Satgas COVID-19

Dan seperti di bawah inilah aturan rapid test antigen :

  • Bagi yang mau ke Bali

Pelaku yang mau berpergian ke bali dengan kendaraan udara wajib untuk menunjukkan surat keterangan negatif PCR paling lama sejak 7 x 24 jam (H-7), sebelum di mulainya perjalanan. 

Sementara bagi yang bepergiannya dengan menggunakan kendaraan laut dan darat, maka wajib juga menunjukkan hasil dari rapid test antigen, paling lama sejak 3x24 jam (H-3), sebelum di mulai perjalanan atau keberangkatan.

  • Bagi yang mau ke Jawa atau dari Jawa

Untuk yang mau bepergian ke pulau jawa atau sebaliknya dari pulau jawa entah mau kemana dengan menggunakan kendaraan udara ataupun darat seperti pesawat dan kereta api antar kota, maka wajib menujukkan surat rapid test antigen dengan hasil negatif paling lamasejak  3x24 jam (H-3) sebelum pelaku perjalanan tersebut berangkat. Hal tersebut juga berlaku untuk yang menggunakan kendaraan pribadi.

Masa Berlaku Surat Rapid Test Antigen

Menurut Kementerian Kesehatan RI dalam keterangannya sih katanya, masa berlaku dari surat rapid test antigen untuk syarat perjalanan maksimalnya selama 14 hari sejak keberangkatan.

Perihal harga merujuk pada Surat Edaran Nomor HK.02.02/1/4611/2020 mengenai batasan tarif paling tinggi pemeriksaan rapid test antigen-swab, yaitu Rp 250.000 untuk Pulau Jawa serta Rp 275.000 di luar Pulau Jawa.

Perlu di jadikan catatan bahwa jika ingin melakukan perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru, walaupun surat keterangan hasil negatif rapid test antigen yang ada masih berlaku, maka pelaku perjalanan harus menjalani wab lagi. 

Karena syarat melakukan perjalanan yaitu harus menunjukkan hasil rapid test antien paling lama sejak H-3 sebelum keberangkatan perjalanan dimulai, mau itu perjalanan dari Pulau Jawa ataupun sebaliknya perjalanan ke Pulau Jawa.