Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Halloween Tahun Ini Bulan Purnama Pertama Dalam 46 Tahun, Berikutnya 38 Tahun Kemudian.

Halloween Tahun Ini Bulan Purnama Pertama Dalam 46 tahun, Berikutnya 38 tahun kemudian.

Halloween Tahun Ini Adalah Bulan Purnama Pertama Dalam 46 tahun, berikutnya akan terjadi 38 tahun kemudian.

Halloween telah menjadi mapan di Jepang. Tahun ini, kita bisa menikmati Halloween di langit malam yang sedikit berbeda dari tahun biasanya.

Tanggal 31 Oktober 2020 adalah bulan purnama. 

Menurut tenki.jp, ini akan menjadi bulan purnama pertama dalam 46 tahun sejak 1974 pada tanggal 31 Oktober, hari Halloween. 

Selanjutnya, 31 Oktober akan menjadi bulan purnama pada tahun 2058, 38 tahun kemudian. 

Selain itu, ini adalah bulan purnama kedua di bulan ini, dan juga bulan purnama "Blue Moon" yang bisa dilihat dua kali sebulan.

Selanjutnya, kali ini adalah bulan purnama di tempat terjauh dari bumi tahun ini. 

Menurut Pusat Informasi Astronomi National Astronomical Observatory, jarak dari pusat bumi ke pusat bulan (jarak pusat ke bumi) sekitar 406.000 kilometer pada saat bulan purnama ini, yang merupakan bulan purnama terdekat dengan bumi pada tahun 2020. 

Dibandingkan dengan 8 April (jarak pusat sekitar 357.000 kilometer), itu adalah bulan purnama dengan posisi sekitar 49.000 kilometer. Jarak geosentris pada bulan purnama bervariasi antara sekitar 356.000 dan 407.000 kilometer, dan diameter pengamatan bulan besar bila jarak antara bumi dan bulan pendek, dan kecil bila jaraknya jauh, sehingga "terlihat terkecil tahun ini. Ini juga merupakan "bulan purnama".

Cuaca pada tanggal 31 Oktober 2020, namun menurut ramalan cuaca Badan Meteorologi, terdapat banyak tempat yang cerah, dan tampaknya Anda bisa mengapresiasi bulan purnama secara nasional. 

Mungkin sulit untuk pergi ke kota dan menikmati Halloween tahun ini karena kecelakaan korona, tapi mengapa tidak melihat ke langit malam dan memikirkan tentang Halloween 38 tahun kemudian ?