Aksi Penjarahan Melanda Kota Palu Pasca Terjadinya Gempa

Berbeda dengan situasi pasca bencana yang yang terjadi di lombok relatif aman - aman saja, Tetapi di kota Palu aksi penjarahan terlihat marak yang di lakukan oleh masyarakat.

Sebagian masyarakat kota palu yang bermental kriminal terlihat memanfaatkan bencana gempa baru - baru ini di jadikan sebagai peluang emas untuk memperoleh barang secara gratis.


Sekalipun ke dua kota ini yaitu Lombok dengan Palu tertimpa musibah yang sama, apa mungkin ini karena perbedaan kondisi demografi antara masyarakat Lombok dengan kota Palu sehingga terjadinya aksi penjarahan ini ???

Truk kontainer dan BBM pun jadi incaran para penjarah pasca bencana ini.

Yup, pasca bencana masyarakat palu ada sebagian yang menjarah truk tanki yang ada di jalan. Truck tanki menjadi sasaran empuk bagi para penjarah. BBM di SPBU pun tak luput dari penjarahan. Dan sepertinya pasca gempa ini malah justru di anggap kesempatan dan peluang bagi mereka untuk mendapatkan subsidi BBM secara gratis.


Selain itu toko - toko sembako, toko - toko minimarket, dan toko - toko furniture pun tak ketinggalan menjadi target para penjarah.



 


Lalu Mall - mall pun jadi ikut sasaran para penjarah. Ketika terjadi bencana ini, gemerlap kemewahan mall mungkin sudah terlintas di benak para penjarah. Karena memang moment seperti inilah yang mungkin mereka tunggu - tunggu. dan pemiliknya pun hanya bisa melongo dan ternganga tidak bisa berbuat apa - apa.

Penjarahan di kota Palu ini benar - benar mengejutkan, karena kejadian penjarahan ini tidak pernah terjadi di kota lain yang pernah juga mengalami kejadian bencana seperti ini. Seperti d, dan Acehi Kota Lombok, ada kota Yogyakarta, Bali, dan Aceh malah yang lebih parah bencananya yaitu bencana tsunami.

Rupanya dengan terjadinya bencana ini tidak membuat sebagian masyarakat kota Palu untuk bertobat atau setidaknya prihatin lah dengan adanya bencana ini. Tapi justru naluri kriminal yang bangkit untuk menjarah.

Ada istilah Pepatah mengatakan : "Musibah bisa membuat seseorang untuk Bertobat", Tapi sepertinya pepatah ini tidak berlaku di Palu. Karena dengan musibah ini justru malah membuat sebagian orang yang melakukan tindakan kriminal.

Apa jadinya aksi penjarahan ini kalo di biarkan, apakah akan menggoda atau mengundang para kriminal dari kota lainnya untuk datang ke lokasi bencana ini ?? Entahlah.....

Beruntung keputusan pemerintah untuk mengerahkan ratusan pasukan TNI ke lokasi bencana adalah sangat tepat. Karena dengan adanya ratusan pasukan TNI ini para korban bencana bisa di tolong, dan di harapkan bisa meredam atas liarnya aksi penjarahan di kota Palu ini.


Belum ada Komentar untuk "Aksi Penjarahan Melanda Kota Palu Pasca Terjadinya Gempa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel