Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Tahapan Cara Mengecat Dinding Rumah Yang Baik dan Benar

Bagaimana Cara Mengecat Dinding Rumah | Tembok rumah atau dinding rumah merupakan sebuah obyek di sebuah rumah yang harus di hias dengan cara di warnai agar penampilannya cantik dan menarik.
Cara Cat Dinding
Cara Mengecat Dinding Rumah
Selain itu pemilihan warna yang tepat pada sebuah dinding rumah khususnya pada dinding bagian exterior akan mewakili kepribadian anda sebagai yang punya rumah.

Apakah, suasana rumah anda sudah terasa membosankan? Apakah, anda ingin mengganti suasana rumah dengan merubah warna dinding rumah, merasa kurang pas di hati dengan adanya tukang, ataukah suka berexpresi dengan warna?

Kalo jawabanya, "Ya"! Maka, anda bisa melakukan pengecatan rumah anda sendiri dan tidak perlu pake tukang! Bila perlu, ikut sertakan anggota keluarga anda. Jadi, bagaimana sih cara mengecat rumah sendiri itu, mudah kah tidak?

Cara mengecat rumah sendiri itu mudah sangat, bagi yang sudah biasa mengerjakanya! Namun, bagi yang newbie atau yang belum terbiasa melakukan pengecatan, pasti bingung juga tidak tahu harus mulai dari mana.

Ok, jika anda mau melakukan pengecatan rumah sendiri, namun tidak tahu harus mulai dari mana. berikut di bawah ini saya infokan 6 langkah cara mengecat rumah sendiri:

6 Tahap Cara Pengecatan Rumah

Mengecat rumah semua orang bisa melakukannya, tapi tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan pengecatan dinding secara baik dan benar. Lalu bagaimana cara pengecatan dinding yang baik dan benar?

Silahkan simak, tahapan - tahapannya pengecatannya, berikut ini:

1. Bersihkan Dahulu Dinding

Pastikan dahulu permukaan dinding yang akan anda cat ulang itu bebas dari debu dan kotoran yang menempel pada dinding.

kotoran pada dinding ini harus di hilangkan atau di bersihkan lebih dulu, karena akan membuat hasil akhir cat tidak halus juga merata.

Cara membersihkannya yaitu sebelumnya sediakan air yang sudah di campur dengan deterjen, lalu gosok gosok dinding dengan menggunakan spon sampai hilang kotoranya, kemudian bilas dengan air biasa untuk menghilangkan sisa deterjennya.

2. Gunakan Lakban.

Jika ada bagian dinding yang tidak akan di cat, maka gunakan Lakban. Contoh seperti pembatas antara dinding dan jendela, atau pembatas antara dinding dan lantai. Jika sudah selesai, segera cabut lakban, sebelum cat mengering.

Jelajahi Dinding yang Retak

Bila mana ada dinding yang retak maka tutup segera retaknya dengan cara di dempul, atau di plamir.

Setelah di dempul, lalu di gosok sampai halus dengan menggunakan kertas pasir / ampela! Maka, pengecatan dinding pun siap dimulai.

4. Siapkan Kuas Tangan Ukuran 3 Jari.

Mulai pengecatan dinding dari bagian yang tidak bisa di jangkau dengan kuas roll, seperti : batas antara dinding dengan plafon, batas antara dinding dengan kusen, dan batas antara dinding dengan lantai.

Caranya mengecatnya, dengan mengunakan kuas tangan ukuran 3 jari.

5. Siapkan Kuas Roll

Tiba lah saat nya mengecat seluruh dinding dengan menggunakan Kuas Roll. Cara mengecat dinding dengan menggunakan kuas roll ini, yaitu :
  • gunakan teknik Gerakan Zig - Zag dari atas kebawah, dari bawah keatas, sampai dinding tertutup rata oleh cat.
  • tunggu 2-3 jam sampai cat kering
  • setelah itu lapisi kembali dengan cat atau ulang kembali pengecatan, agar hasilnya lebih mulus.
  • Jika perlu ulangi lagi pengecatan, bilamana hasilnya kurang sempurna.

6. Bersihkan Lantai.

Cipratan cat terkadang jatuh di lantai, jadi lakukan pembersihan dengan cara G3 (garuk, gosok, gesek), gunakan pisau plamir, maka selesai lah sudah pengecatan rumah sendiri. "mudah toh?"

Ok, itulah ulasan mengenai 6 Cara Praktis Bagaimana Mengecat Rumah Sendiri. Apakah artikel ini bisa membantu ? sekian dan terimakasih sudah mau singgah, dan semoga bermanfaat